Monday, November 8, 2010

First Time to Hongkong and Macau-Day 3

Hari ini saya rencananya mengeksplorasi Tsim Sha Tsui(TST) di Kowloon. Saya bangun siang karena energi cukup terkuras di Macau kemarin. Siang itu saya naik Star Ferry menuju TST setelah sebelumnya sarapan di McD. Di sana saya berkeliling area Harbour, Avenue of Star, dan Nathan Road. Di Nathan Road ada masjid yang cukup besar. Saya sholat Dzuhur dan Ashar di masjid itu.

Star Ferry

Masjid di Nathan Road, TST

Hari sudah menjelang sore. Saya memutuskan untuk naik MTR menuju Lo Wu, stasiun yang berbatasan dengan Shenzen. Saya sekalian ingin memastikan apakah kita masih bisa apply VOA atau tidak. Saya naik MTR dari stasiun East TST menuju Hung Hom. Kemudian berganti MTR menuju Lo Wu. Perlu diperhatikan bahwa stasiun East TST tidak terkoneksi dengan stasiun TST. Jadi kalau transit di stasiun TST, kita perlu keluar dulu untuk kemudian validasi tiket lagi di Stasiun East TST. Sementara di Stasiun Hung Hom dan stasiun-stasiun transit lainnya, kita bisa langsung pindah platform. Jadi tidak perlu keluar dulu.

Setelah melewati Imigrasi Hongkong, saya menuju ke lantai 2 untuk apply Visa on Arrival Shenzen Economic Zone. Di sana saya bertemu dengan seorang Australian yg sedang apply juga. Kami pun apply bareng. Dan ternyata,,, sejak tanggal 10 Oktober 2010, Indonesian Passport Holder tidak bisa apply VOA. Harus apply visa di Kedubes China. Sementara teman Australia saya dibolehkan. Sungguh tidak adil. Ketika saya menanyakan alasannya, mereka hanya bisa menjawab bahwa ini kebijakan baru mereka. Akhirnya saya kembali ke Hongkong dengan stamp "cancelled depart from Hongkong" di paspor saya. Saya pun kembali ke TST. Total perjalanan TST-Lowu-TST plus ditolak imigrasi China sekitar 2,5jam.

Notes: Setelah kembali ke Indonesia saya memperoleh info bahwa VOA Shenzen di-stop hingga Desember 2010 karena ada Asian Games di Guang Zhou.

Dari Stasiun East TST saya menuju Avenue of Star sekalian menunggu Symphony of Light. Pertunjukan ini dimulai pukul 8 malam. Tapi sebaiknya pukul 7 malam kita sudah datang agar bisa nge-take tempat yang view-nya oke. Setelah menonton pertunjukan laser dan lampu itu, saya kembali ke Hongkong Island dan makan malam di McD. Kemudian saya pulang ke hostel.