Monday, November 8, 2010

First Time to Hongkong and Macau-Day 4

Agenda saya hari ini cuma 2. Repulse Bay dan Disneyland.

Pagi-pagi saya sudah check out dan naik tram menuju Central. Kemudian saya naik bis no.260 menuju Repulse Bay. Bus ini melewati terowongan Aberdeen. Terowongan yang membelah bukit di tengah Hongkong Island. Saya turun di Deep Water Beach. Di sini suasananya santai. Turis pun tidak terlalu banyak. Mungkin seperti di Nusa Dua Bali kali ya? hehe... Saya berjalan menyusuri pantai, melewati Promenade View. Di sini tidak ada pantai, melainkan hanya bebatuan. Tapi pemandangan laut lepas di sini tidak kalah indah.

Deep Water Beach


Promenade View

Saya terus berjalan hingga sampailah saya di Repulse Bay. Tempat ini ramai dikunjungi turis walaupun saat itu bukan hari libur. Pantainya sangat indah. Kurang lebih sama seperti Sanur, tapi lebih bersih. Di semua pantai di selatan Hongkong Island ini tidak ada ombak besar. Jadi tidak cocok untuk surfing. Di ujung Repulse Bay ada kuil yang ramai dikunjungi warga/turis setempat.

Repulse Bay
Dari Repulse Bay, saya menuju ke tempat pemberhentian bus. Saya memilih naik bus no.66 untuk kembali ke Central. Bus ini tidak melewati terowongan seperti saat saya berangkat, melainkan mendaki serta menuruni bukit. Tarifnya pun lebih murah dari bus no.260. Hanya separuhnya. Dari Central saya naik MTR menuju Disneyland dengan sebelumnya transit terlebih dahulu di Sunny Bay.


Disneyland Station
Di Disneyland, entah kenapa harga tiket masuknya mahal, yakni HKD350. Saya melihat di papan pengumuman dan disebutkan bahwa all day is Peak. Biasanya kan cuma HKD296 saja untuk weekday. Saat saya datang, kounter-kounter tiket di depan main gate masih menjual tiket. Saya langsung masuk karena sudah membeli tiket 3 hari sebelumnya.

Hongkong Disneyland secara keseluruhan, menurut saya kurang menarik untuk orang dewasa. Lebih cocok untuk anak-anak. Sepertinya masih lebih baik Ocean Park di Hongkong Island. Ini pendapat saya pribadi loh... Setiap orang bisa saja mempunyai pendapat lain. Tapi saya tidak terlalu kecewa karena sejak kecil saya memang punya keinginan untuk mengunjungi Disneyland. Dan keinginan saya akhirnya tercapai juga. hehe... Sore hari sekitar pukul 15.30 ada parade tokoh-tokoh Disneyland. Saya pun tidak melewatkan kesempatan untuk mengambil gambar mereka.
Disney World Parade

Sleeping Beauty Castle at Night

Saya tidak menunggu sampai firework karena jam 7 malam saya sudah harus keluar. Firework biasanya dimulai menjelang tutupnya Disneyland, yakni sekitar pukul 9 malam. Dari Disneyland, saya menuju stasiun Tsing Yi dan naik Airport Express menuju Airport.
HKIA
Pukul 1 dini hari, pesawat saya take off menuju jakarta. Dan tepat pukul 5 pagi WIB, saya mendarat di tanah air tercinta.

Rincian Budget
Anggaran Rp 250.000
HKD 200 = Rp 230.005
USD 300 = HKD2.220 = Rp 2.553.000
Total anggaran Rp250.000+Rp230.005+Rp2.553.000=Rp3.033.005



Pengeluaran
Day 1
Tiket pesawat Mandala Air CGK-HKG-CGK Rp310.000(saya bayar via Credit Card)
Airport tax Rp 150.000
Sandwich(Mandala) Rp 28.000
Green Tea(Mandala) Rp 16.000

Day 2
Airport Express Airport-Tsing Yi-Airport HKD120
Beli Sandwich di Seven Eleven HKD25
MTR Tsing Yi-Tung Chung(Single Ticket) HKD 12,5
Cable Car Ngong Ping HKD107
Octopus HKD150
Sky Terrace HKD25
Beli perlangkapan mandi(pasta gigi, sabun dkk) di warung Chandra HKD40
Beli sim card HKD20
Makan nasgor dan minum es buah di Warung Sedap Gurih HKD60
YesInn Hostel for 3 nights HKD403
Beli tiket Disneyland HKD350

Day 3
Ferry ke Macau(Economy Class) HKD146
Egg Tart HKD7
Bubble Tea dan snack HKD15
Gondola Ride HKD108
Ferry ke Hongkong(Super Class) HKD275
Beli minum dan roti di Circle K HKD25

Day 4
Sarapan dan makan malam di McD HKD50
Add Value Octopus HKD100

Day 5
Beli minum di Seven Eleven HKD37
MTR dari Disneyland ke Tsing Yi HKD12,5
Makan malam di Burger King HKD40
Ngopi di Starbucks(blagu bener mentang2 mau pulang. hehe...) HKD38

Total Pengeluaran
Day 1 Rp 194.000
Day 2 HKD 1312,5
Day 3 HKD 576
Day 4 HKD 150
Day 5 HKD 127,5

Total pengeluaran rupiah Rp194.000(Tiket pesawat saya bayar via CC)
Total pengeluaran HKD HKD 2.166, anggaran HKD2420 sisa HKD254

Total pengeluaran dalam Rupiah Rp194.000+Rp310.000+(HKD2166xRp1.150)=
Rp 2.994.900

The End

ARTIKEL TERKAIT:

10 comments:

  1. keren sekali... Mas, tips biar dapet hunting tiket promo, jd bs dapet murah gmn ci?
    (temennya Mak Shinta)

    ReplyDelete
  2. Dear mbak Anonim,, hehe,,, wah, nggak ada tips khusus. Satu2nya tips ya rajin nongkrongin website maskapai ybs. Klo di Asean ya pake Mandala, Air Asia, Tiger Airways sama Jet Star.

    ReplyDelete
  3. wah mas... seneng banget!!
    kalo keluar lagi ngajak yoo... arep melok :D
    btw... waktu ke hongkong 'solo backpack' ya??

    ReplyDelete
  4. Nggak direncanakan jauh2 hari kok. Lebih sering mendadak berangkat. Yoi. I'm a single traveler. Hehe...

    ReplyDelete
  5. wah, mas mau tanya recomendasi hostel d area TST sama causeway bay donk heheh rencana mei nanti ak mau k hk sm teme2 hehehe petunjuknya kira2 mudah ga dsna?
    oia di TST sama causeway bay penginapanya murah dmn ya?mau minta saran emnding nginap d area kowloon apa causeway bay? ato keduanya seperti yg di lakuin sama mas indra? hehehe thx in advance ya mas

    ReplyDelete
  6. Hello Lutfia,,, Kemarin saya nginepnya di Yesinn Hostel. Di Hongkong, hostel ini ada di Causeway Bay dan Kowloon.

    Mengenai pilih nginep dimana, semuanya tergantung itinerary kamu. Saya kemarin milih stay di Causeway Bay karena di Hongkong Island banyak tempat yang saya kunjungi. Sementara di Kowloon(TST), tempat yang saya kunjungi cuma dikit. Jadi cuma karena masalah efisiensi waktu dan transportasi aja saya milih Causeway Bay.

    ReplyDelete
  7. mau nanya, sim card nya beli yg provider apa ya? kira2 bisa aktifin bbm dan internet ga ya dan harganya murah atau mahal? soalnya sepertinya provider indo roamingnya mahal.. terus sim card nya bisa dipake di macau dan shenzhen juga ga ya? terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo soal provider lokal, mohon maaf saya kurang begitu paham. Tapi kalo pake XL dan ngaktifin layanan BB full service, bisa gratis roaming internasional selama 3hari :D

      Delete
    2. kalo selama 3 hari itu ga cuman di hongkong gmn ya? nanti habis dong gratisannya kalo dalam sehari saya pindah tempat huhu kan lumayan gratis hehe.. rencananya saya begitu sampai hongkong langsung ke shenzhen setelah itu macau dan terakhir kembali ke hongkong baru jakarta hehe..

      Delete
    3. Sayangnya, dalam 30hari maksimum 1 negara. Kalo saya sendiri beli simcard buat koleksi aja. Soalnya kalo lagi traveling saya nggak terlalu sering nghubungin orang rumah. Lebih sering memanfaatkan fasilitas wifi aja :)

      Delete