Monday, November 8, 2010

Watching Singapore Formula1 Night Race

Sebenarnya kunjungan saya ke Singapore kali ini hanya untuk menonton GP Formula 1. Tiket sudah saya beli beberapa bulan sebelumnya seharga SGD131. Tiket itu adalah yang termurah untuk race day. Karena saya sudah merogoh kocek cukup dalam untuk membeli tiket, maka saya harus merencanakan budget yang seirit mungkin. Dan saya berhasil melakukannya.

Saya berangkat dari Batam pukul 4 sore dengan menumpang Wavemaster Ferry dari Harbourbay. Sampai di Harbourfront pukul 6 sore waktu Singapore. Setelah Customs Clearence, saya terkena random check dimana paspor saya kembali diperiksa dan tas saya dibongkar isinya. Untung tidak terjadi apa-apa. Kemudian saya langsung menuju CityHall dengan menggunakan MRT. Saldo EZ-Link saya saat itu masih belasan dolar, jadi saya tidak perlu add value. Sampai di City Hall, ternyata antrean naik eskalator sudah sangat panjang. Dan hampir semua orang mengenakan atribut F1.

Keluar dari stasiun MRT, saya harus menuju ke Raffless Hotel terlebih dahulu untuk menukarkan booking confirmation saya dengan tiket yang ada bar code-nya. Tiketnya berbentuk seperti kartu atm dan ada talinya untuk kita kalungkan. Pemeriksaan di gate masuk sangat ketat. Saya yang hanya membawa tas pinggang pun harus membongkar seluruh isi tas saya.

Bag inspection at Entry Gate
Setelah berada di dalam, saya segera hunting tempat yang paling nyaman untuk nonton. Saya pun menuju Esplanade Drive dan berhasil mendapat tempat yang strategis di pinggir sirkuit. Sekitar pukul 7 malam, race dimulai setelah sebelumnya sempat diperdengarkan lagu kebangsaan Singapura. Dalam hitungan detik, mobil-mobil F1 itu lewat di depan saya. Dan ternyata saya cuma bisa melihat sayap belakang mobil. Boro-boro bisa ngliat body mobil, helm pebalapnya aja nggak kelihatan.

Cuma kelihatan sayap belakangnya
Akhirnya saya menuju standing tribune di sekitar Esplanade Drive, tapi penuh semua. Saya sempat putus asa dan berniat untuk nonton balapan dari big screen saja. Tapi saya urungkan. Saya segera menyeberang sirkuit dengan melewati terowongan di bawah Esplanade Drive. Saat di terowongan, tiba-tiba ada motor yang hampir menabrak saya. Ternyata itu V.Liuzzi yang out di awal-awal balapan. Ah, sayang sekali saya tidak sempat mengabadikannya dalam kamera.

Kemudian saya menuju Padang, tapi juga tidak ada standing tribune yang bisa saya naiki. Akhirnya saya keluar gate sejenak untuk membeli minuman di McD.

Fyi : Minuman di dalam area sirkuit harganya selangit.

Di pintu keluar, saya dicegat oleh orang-orang yang kehabisan tiket. Mereka berusaha meminta tiket saya. Saya pun segera mempercepat langkah menuju McD.

Setelah melepas dahaga di McD, saya kembali masuk area sirkuit. Dan tanpa diduga, standing tribune di dekat Gate 3 ada yang kosong. Mungkin pemiliknya sedang keluar juga mencari minum seperti saya. Tanpa basa-basi langsung saya tempatin deh... Hehe..

Tribun tempat saya nonton sangat strategis. Saya bisa melihat 2 tikungan dan satu trek lurus. Dan jarak saya dengan mobil hanya 3-5 meter. Sangat dekat. Bahkan lebih dekat dari mereka yang duduk di tribun mahal. Saking dekatnya, telinga saya rasanya terus berdengung. Untunglah saya membawa ear plug. Sayangnya, di sekitar tempat saya nonton tidak ada big screen-nya. Jadi saya cuma bisa mendengarkan komentator untuk mengetahui jalannya balapan di sisi sirkuit yang lain.

Lewis Hamilton
Sepanjang balapan, safety car muncul beberapa kali. Pada balapan kali ini banyak sekali pebalap yang harus out. Salah satu di antaranya adalah L.Hamilton. Mobilnya meluncur keluar trek setelah bersinggungan dengan M.Webber. Balapan akhirnya dimenangkan oleh F.Alonso disusul oleh duo Red Bull.

Selesai balapan, saya langsung menuju ke Padang. Saya mau nonton konser Mariah Carey. Tiket mahal yang sudah saya beli sama sekali tidak saya sesali. Karena saya bisa nonton langsung Mariah Carey juga. Pukul 9 malam, Mariah Carey muncul dengan menyanyikan lagu-lagu berirama cepat. Setelah lagu kedua, Mariah kembali masuk ke backstage dan digantikan oleh band lokal. Banyak penonton yang mengira konser telah usai dan mereka berduyun-duyun meninggalkan Padang.

Saya tidak percaya kalau konser telah usai. Bukannya ikut keluar, saya malah merangsek ke depan hingga ke pagar pembatas. Jarak tempat saya nonton dengan panggung masih sekitar 30 meter. Tapi untuk kelas tiket saya, ini sudah yang paling depan. Penonton-penonton di depan saya adalah mereka yang membayar tiket seharga ribuan dollar dan nonton F1 dengan duduk di tribun.

Beberapa menit kemudian, Mariah Carey kembali menyanyikan lagu-lagu hits-nya. Konser diakhiri dengan lagu bejudul Hero. Dan Mariah kembali masuk ke backstage. Namun kali ini tidak muncul lagi. Goodbye Mariah.

Mariah Carey euy...
Saat itu sudah pukul 12 malam dan MRT sudah tidak beroperasi. Padahal saya berencana menghabiskan malam dengan menginap di Changi Airport. Akhirnya saya memutuskan untuk tidur dimana saja. Setelah berputar-putar area sirkuit, saya pun memilih tidur di monumen bertuliskan “Our Glorious Dead”. Kebetulan di dekat monumen itu ada bar dadakan yang buka hingga pagi. Jadi saya rasa cukup aman tidur di situ.

Pukul 3 pagi saya terbangun karena kedinginan. Padahal saya sudah berjaket tebal. Saya pun segera beranjak dari tempat itu dan menuju McD. Saya memesan Double Cheese Burger dan Coca Cola lalu melanjutkan tidur di sofa. Haduuuhhh,,, kenapa nggak dari tadi tidur di sini? Hehe...

Pukul 5 pagi saya sudah bangun dan berjalan kaki menuju Masjid Sultan di Kampong Glam. Jalanan masih tampak lengang. Dan begitu tiba, masjidnya masih tutup. Saya pun menuju Seven Eleven yang ada di seberang masjid dan membeli sandwich. Pukul 5.15 gerbang masjid dibuka. Saya segera masuk dan menunaikan ibadah sholat Maghrib dan Isya. Pukul 6 adzan Subuh berkumandang di dalam masjid.

Bugis Street at Night
Seusai menunaikan sholat Subuh, saya menuju stasiun MRT Bugis dan naik MRT menuju Harbourfront. Saya langsung check in untuk ferry pertama menuju HarbourBay. Pukul 8 ferry saya berangkat menuju Batam. Dan saya pun harus segera menuju kantor.

Pengeluaran saya,
Total pengeluaran  SGD59,4=Rp410.000

The End

ARTIKEL TERKAIT:

1. beli tiket nya dimana Bro? caranya gmana? pengen juga tahun depan........

2. Beli di sini bro,,

Step2nya kyk beli tket psawat. Habis transaksi, ntar dapet smacem kode booking (via email) yg hrs di-print utk ditunjukin saat pengambilan tiket.

Tp skrg belum available tiketnya. Taon dpn race-nya tgl 23, 24, 25 September 2011.