Friday, June 24, 2011

Destination is Changed to Bangka Island

Bulan Maret lalu, ketika saya pertama kali menginjakkan kaki ini ke Pulau Sumatera, tepatnya di Kota Palembang, yang pertama kali ada di benak saya adalah, “Saya harus ke Belitung”. Yupz, benar sekali. Saya juga terpesona dengan keindahan panorama Pulau Belitung sejak menonton film Laskar Pelangi. Dan Palembang sudah cukup dekat dengan pulau impian saya itu. Saya pun segera mencari jadwal yang pas dan melakukan sedikit riset tentang Belitung.

Jadwal yang pas sudah ketemu. Di bulan April ada long weekend. Tapi yang jadi kendala adalah transportasi. Transportasi udara jelas bukan pilihan karena harus transit di Jakarta. Atau bisa juga via Pangkal Pinang, Pulau Bangka, kemudian menyambung dengan ferry. Tapi tetap saja mahal. Akhirnya pilihan saya jatuh pada transportasi laut. Setelah saya mencari informasi di internet, bertanya kepada rekan-rekan di milis backpacker, dan bahkan bertanya langsung kepada petugas di pelabuhan, ternyata tidak ada ferry/kapal langsung dari Palembang ke Tanjung Pandan, Belitung. Transportasi yang ada hanyalah kombinasi dari ferry dan bus dengan harga tiket all in pulang pergi sebesar 770.000IDR. Rincian perjalanannya begini,,,,

Dari Palembang berangkat pagi naik jetfoil ke Mentok (bagian selatan Pulau Bangka) selama 3 jam. Kemudian menuju Pangkal Pinang dengan minibus selama 3 jam. Dari Pangkal Pinang naik ferry lagi ke Tanjung Pandan selama 4 jam. Jadi kira-kira sampai di Belitung sore hari. Jadwal berangkat ini sebenarnya tidak masalah bagi saya. Yang jadi masalah adalah jadwal pulang ke Palembang. Begini,,,


Dari Tanjung Pandan berangkat pagi ke Pangkal Pinang. Kemudian naik minibus ke Mentok. Sampai di Mentok sudah siang dan jetfoil terakhir menuju Palembang sudah berangkat. Jadi pilihannya adalah menginap semalam di Mentok, atau naik ferry roro semalaman ke Palembang.

Perjalanan pulang seperti ini jelas tidak efisien dari segi waktu. Kedua opsi di atas sama-sama mengharuskan saya untuk menambah waktu berlibur satu hari lagi. Kalau saya berangkat dari Palembang hari Jumat pagi, saya akan sampai di Tanjung Pandan sorenya. Hari Sabtu seharian keliling Belitung. Minggu pagi kembali ke Bangka. Dan baru pada hari Senin pagi berangkat dari Mentok menuju Palembang. Padahal hari Senin sudah harus masuk lagi.

Akhirnya, dengan berat hati saya harus memendam sejenak mimpi saya ke Belitung. Sejenak lhoo... Karena next time kalau ada kesempatan pasti saya akan ke sana. Perjalanan ke Belitung dari Palembang dengan menggunakan ferry/jetfoil membutuhkan setidaknya 4 hari. Itu pun agak gambling karena waktu bersih keliling Belitung hanya sehari. Jadi menurut saya, waktu minimalnya adalah 5 hari. Syukur-syukur bisa lebih dari itu. Maka berbahagialah kamu yang bekerja tidak terikat waktu dan tidak terikat kebijakan cuti paksa. Hehe... ;)

Apakah saya menyerah begitu saja dan hanya melewatkan long weekend dengan bermalas-malasan di kamar? Haha... Nggak mungkin doong!!! Akhirnya saya mengubah haluan. “Destination is changed to Bangka Island”.

"Selamat Datang di Pangkal Pinang, Pulau Bangka"

Mau tahu cerita saya di Pulau Bangka? Hehe... Sabar yaa... Tunggu postingan berikutnya.

To be continued...

ARTIKEL TERKAIT:

5 comments:

  1. ya elah ....bos....kapan posting lagi....padahal...mau dijadiin acuan lho kalo mau ke bangka

    ReplyDelete
  2. oh iya pas liat2 ada sambungannya....lumayan....

    ReplyDelete
  3. Saya ada acara ke Babel hari Selasa, rencana naik travel dari Jambi Palembang. Bisa kasih advis mas Indra, Buyung dari jambi

    ReplyDelete