Monday, July 18, 2011

Universal Studio Singapore

Jika kamu sedang berada di Singapore, tak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi Universal Studio yang berada di Sentosa Island. Memang harga tiketnya tergolong mahal, tapi cukup worth it lah dengan apa yang kamu dapat di dalam. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang wahana-wahana yang ada di Universal Studio Singapore.

Begitu kamu tiba di area Universal Studio Singapore (selanjutnya saya sebut USS aja yah...), kamu akan disambut oleh bola dunia dengan tulisan “Universal Studio”. Inilah maskot Universal Studio. Banyak sekali pengunjung yang berfoto dengan background bola dunia ini, baik yang memang memiliki tiket masuk USS maupun tidak. Kalau kamu ingin berfoto dengan background bola dunia ini, datanglah pagi-pagi. Kalau baru datang pukul 9 atau lebih, jangan harap bisa berfoto tanpa ada “cameo”nya. Hehe... ;)

Universal Studio's Globe


Di sekitar bola dunia ada loket-loket yang menjual tiket masuk USS. Harga tiket dewasa 66SGD untuk weekday dan 72SGD untuk weekend. Untuk anak-anak, harganya 48SGD untuk weekday dan 52SGD untuk weekend. Tiket ini sering habis pada hari-H. Jadi sebaiknya kamu sudah membeli tiket sehari sebelumnya. Kamu juga bisa membeli tiket online di sini. Segala informasi tentang USS dan Sentosa Island bisa kamu peroleh di website tersebut.

Jangan kecewa dulu! Tongkrongin aja loketnya. Siapa tahu ada yang cancel.

Begitu kamu melewati gerbang USS, kamu akan memasuki area Hollywood. Seperti namanya, area ini di-setting seperti di Hollywood. Di area ini terdapat walk of fame dan tulisan “Hollywood” raksasa di atas pintu masuk (ya nggak besar banget c...). Di sepanjang boulevard, kamu bisa berfoto dengan tokoh-tokoh Universal Studio. Buat kamu yang solo traveler tapi ingin eksis, jangan khawatir! Ada petugas yang siap mengambilkan gambar kamu kok.

Hollywood Boulevard

Setelah melewati area Hollywood, kamu bisa belok kanan dan memasuki area New York. Bangunan di area ini di-setting seperti di New York. Di sebelah kiri, kamu bisa memasuki sebuah bangunan untuk menonton pertunjukan Lights, Camera, Action!™. Di dalamnya, kamu bisa merasakan langsung kecanggihan efek dalam pembuatan film.

New York Area

Di sebelah area New York adalah area Sci-Fi City. Area ini di-setting seperti masa depan. Di area ini ada wahana yang menjadi bintang di USS, yakni Battlestar Galactica®. Jadi ceritanya ada pertarungan antara dua roller coasters, yakni antara Human yang berwarna merah dan Cyclon yang berwarna biru. Tempat duduk roller coaster Human seperti roller coaster pada umumnya, sedangkan roller coaster Cyclon, tempat duduknya terbalik alias relnya ada di atas. Kedua roller coasters ini dijalankan bersamaan dan pada suatu waktu keduanya akan bertemu di titik yang sangat dekat. Di area ini juga ada wahana Accelerator®, yang kalau di Dufan namanya Poci-Poci. Itu lhoo yang naik cangkir, trus cangkirnya diputer-puter.

Sci-Fi City Area

Battlestar Galactica

Accelerator

Selanjutnya, kamu akan kembali ke masa lampau, tepatnya ke zaman Mesir kuno. Yupz, kamu memasuki area Ancient Egypt. Di area ini ada wahana Revenge of the Mummy®. Wahana ini lumayan serem juga. Yakni berupa roller coaster, tapi di dalam ruangan gelap. Kamu nggak akan pernah tahu seperti apa jalur di depan. Cuma bisa pasrah aja. Hehe... Selanjutnya ada wahana Treasure Hunters®. Yang ini mah cuma naik mobil dengan setting pemandangan yang membuat kamu seolah-olah menjadi seorang pemburu harta karun.

Ancient Egypt Area

Treasure Hunters

Setelah melalui masa Mesir kuno, kamu akan meloncat ke masa yang jauh lebih tua lagi dimana dinosaurus hidup. Welcome to The Lost World® area. Area ini terbagi menjadi dua, yakni WaterWorld™ dan Jurassic Park™. Di area WaterWorld™, kamu bisa nonton secara live salah satu adegan dalam film WaterWorld. Sedangkan di area Jurassic Park™, kamu bisa menaiki beberapa wahana. Yang pertama adalah Jurassic Park Rapids Adventure®, ini seperti arung jeram di Dufan. Pastikan kamu membawa baju ganti jika menaiki wahana ini. Yang kedua adalah Canopy Flyer™, yakni semacam roller coaster, tapi relnya di atas. Kemudian ada wahana Dino-Soarin’®, yang ini mah untuk anak-anak. Seperti naik pesawat-pesawatan. Tapi ini yang ditunggangi adalah Pteranodons. Yang terakhir ada Amber Rock Climb™, tapi kamu harus membayar lagi untuk manjat dinding.

WaterWorld Area
Salah satu adegan dalam pertunjukan WaterWorld
Jurassic Park Rapids Adventure

Kemudian kamu akan memasuki area Far Far Away®. Pertama, kamu bisa nonton pertunjukan Shrek 4-D Adventure® dan Donkey Live®. Pastikan kamu memperhatikan jadwal pertunjukannya yaa... Jadwal atraksi bisa kamu lihat di brosur yang diberikan ketika kamu membeli tiket. Selanjutnya, kamu bisa naik wahana Enchanted Airways® alias roller coaster biasa. Terakhir, ada wahana Magic Potion Spin®, yakni bianglala super imut untuk anak-anak.

Far Far Away Area

Shrek's home

Next, kamu memasuki area Madagascar®. Area ini terinspirasi dari film dengan judul yang sama. Wahana yang bisa kamu naiki adalah King Julien’s Beach Party-Go-Round®. Namanya ribet amat yak? Nama gampangnya adalah Carousel. Tapi di sini, yang kamu tunggangi adalah jerapah, singa, zebra dan hewan-hewan khas padang Afrika lainnya. Yang terbaru adalah wahana Madagascar: A Crate Adventure®. Wahana ini baru beroperasi tahun ini. Jadi masih tergolong baru. Di sini kamu akan menaiki sebuah perahu dan menyusuri sungai di pedalaman Afrika.

Akhirnya, kamu akan kembali ke area Hollywood. Sebelum pulang, kamu bisa mampir ke toko-toko yang ada di kanan kiri boulevard untuk membeli souvenir khas USS. Oh ya, kalau kamu keluar gerbang USS, tapi berniat untuk masuk lagi, kamu bisa meminta stempel di lengan kamu. Nanti saat masuk lagi, tunjukkan saja stempel itu. Ok, have fun yaa... J

The end

ARTIKEL TERKAIT:

21 comments:

  1. hmmm sama syapa mas ksana nya?gmn mas rasanya naik galactica?

    ReplyDelete
  2. Sama neng yg comment di atas saya. Wah, sbenernya saya kepengen banget naik Battlestar Galactica. Tapi sayang banget pas ke sana lagi nggak jalan. Nyesel banget deh...

    ReplyDelete
  3. seru banget yaaaah... jadi pengen ke USS lagi.
    apalg aku msh penasaran blm sempet fotoan di dpn maskot Bola Dunia nya itu krn lg di renovasi wkt kesana hhmpff....

    ReplyDelete
  4. Oooowh.... Qrain gara2 msh penasaran naik Battlestar Galactica? Hehe.. ;)

    ReplyDelete
  5. waaaa.. ini rupanya yang temen2 saya ngebet bgt pgn kunjungi hehheheh

    ternyata saya kurang update..

    btw berapa hari di singapore mas??

    ReplyDelete
  6. Ia. Waktu itu saya 3 hari 2 malem. Tapi di USS-nya cuma beberapa jam aja. Jadi nggak sempet naik ke smua permainan.

    ReplyDelete
  7. hehe bolak balik singapore aku gak pernah kesampean ke sini..huhu tiket nya juga aduhai harganya (buat turis kere kek sayaa) tapi jadi pengen gara2 liat nih foto sama tulisan... salam kenal yall

    http://backpacker-girls.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Waahh,,, Mba' Fico sukanya merendah nieh? Masak kerja di oil company masih dibilang turis kere? Hehe... :)Salam kenal juga...

    ReplyDelete
  9. nice....will be going to USS real soon...

    ReplyDelete
  10. Sure. It's really worth to visit USS.

    ReplyDelete
  11. baca review ini tentang galactica kok ya sampe degdegan..

    ReplyDelete
  12. Hehehe.... Saya juga belum naik. Ngelihat jalurnya aja udah mual2.

    ReplyDelete
  13. dua kali ke sana pas belum dibuka... waw tiketnya ajegile harganya ya. nanya dong mbak, dari kota menuju sentosa island naik MRT bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anyway saya cowok lhooo... :p

      Kalo menuju Sentosa Island nggak ada MRT. Dari pusat kota bisa naik MRT dulu ke Stasiun Harbourfront (Stasiun ujung North East Line/Jalur Ungu), ambil exit yang ke Vivo City, naik ke Lantai 3, trus naik Monorel menuju Sentosa Island. Tarif monorel kalo belum berubah 3SGD dan bisa dibayar pake kartu EZ-Link.

      Kalo mau ke Universal Studio, turun di stasiun pertama. Kalo mau ke patung Merlion raksasa, turun di stasiun kedua. Kalo mau ke pantai, turun di stasiun ketiga (terakhir)

      Delete
  14. gan, minta rincian data pengeluaran donk gan untuk tiket pesawat, visa, penginapan, tiket jg, dalam bentuk indonesia gan. hehehe... barangkali uang ane yang pas2n ini cukup buat ksana.... thank. maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tiket pesawat, sekarang gampang kok nyari yang 300-400ribuan sekali jalan, atau kurang dari 1juta pp. Kalo lagi mujur malah bisa dapet lebih murah lagi. Cek Lion Air, Jetstar, Air Asia dan Tiger Airways.

      Visa nggak diperlukan karena Singapore bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia.

      Penginapan sekelas hostel di Singapore rata2 kalo di-kurs-kan ke Rupiah sekitar 200ribuan.

      Delete
  15. Gak tahan buat gak komen tentang pertanyaan Fairuz..
    Ada baiknya usaha lebih keras dengan cari di google buanyyyyaaaaaaakkk info ne..
    :D

    ReplyDelete
  16. gak nyari masjid mas hehee..
    untuk ribuan pengunjung sayangnya hanya ada musholla kecil nyempil dekat cylon ukuran 2.5m x 2.5m :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Saya Ashar udah keluar. Jadi Dzuhur-nya dijamak. But Thanks for your info :D

      Delete
  17. Wah, ini postingan jadul ada yang komen. Hehehe... Mungkin udah banyak yang nggak up to date yaa... Perlu di-googling juga :D

    ReplyDelete