Sunday, May 27, 2012

Nostalgia in Madrid

Penasaran kan sama judulnya? Ini bukan tentang perjalanan saya kembali ke Madrid dan bernostalgia dengan trip ke Madrid sebelumnya lagi. Bukan. Saya baru sekali aja ke Madrid. Ini tentang sebuah film berjudul “The Cold Light of Day”. Saya nggak akan ngomongin detail jalan cerita filmnya. Ntar postingan saya jadi OOT (Out of Topic) donk... Kali ini saya mau ngomongin lokasi syutingnya. Ya ada sedikit jalan ceritanya, tapi khusus terkait tempat-tempat yang udah saya datengin aja.

Nggak bisa dipungkiri, terkadang emang kita terobsesi untuk mengunjungi suatu tempat karena nonton film. Contohnya saya yang kepengen ke Barcelona setelah nonton Meteor Garden 2. Hehehe... Jadi maluu... Nah, kalo biasanya kita ngunjungin suatu tempat yang udah pernah kita lihat sebelumnya di film, kali ini sebaliknya. Saya nonton film yang lokasi syutingnya udah pernah saya datengin. Film “The Cold Light of Day” ini emang sebagian besar lokasi syutingnya di Madrid. Sementara sebagian kecilnya di Moraira, Alicante. Jadi masih lumayan cocok donk (meskipun agak maksa) kalo postingan ini saya kasih judul “Nostalgia in Madrid”?

Cerita dimulai saat Will Shaw (Henry Cavill) dan ayahnya, Martin Shaw (Bruce Willis), mengendarai mobil dari Moraira ke Madrid. Waktu itu ceritanya udah dini hari. Nah, mobilnya itu ngelewatin Plaza de Cibeles. Habis itu Martin ketemuan sama temennya, Jean Carrick (Sigourney Weaver), yang ternyata jahat. Martin Shaw ditembak waktu mau masuk ke dalem mobil. Will Shaw yang ada di dalem mobil juga dikejar dan mau ditembak. Akhirnya si Will keluar dari mobil trus lari.

Plaza de Cibeles


Tiba-tiba Will udah sampe Plaza Mayor. Waktu itu kayaknya habis Subuh. Dia masih dikejar juga. Will terus lari trus minta tolong sama polisi. Tapi si Will malah dikira penjahat sama polisi dan disuruh berlutut. Tapi nggak lama kemudian, polisinya malah ditembak sama yang ngejar Will (suruhannya Jean Carick).

Plaza Mayor

Will lari lagi. Tiba-tiba dia udah sampe di depan Parque del Buen Retiro. Dia manjat pagar dan masuk taman. Penjahatnya udah nggak kelihatan ngejar. Tapi Will malah dikejar polisi karena dikira ngebunuh polisi. Padahal yang ngebunuh kan suruhannya Jean Carrick. Akhirnya Will bisa lolos dari kejaran polisi setelah ngumpet di toilet. Keluar toilet, Will tiba-tiba udah ada di La Latina. Di situ ada El Rastro, atau pasar kagetnya Madrid. Will ngebuang pistolnya di situ.

Parque del Buen Retiro

El Rastro
Skip adegan dikit yaa...

Habis melarikan diri dari Jean Carrick, Will ngambil lagi pistolnya. Trus dia ke Gran Via. Tepatnya di Plaza del Callao. Jalan menuju plaza itu semacam Orchard Road-nya Madrid. Trus dia naik bus.

Gran Via (difoto dari Plaza de Espanya)

Orchard Road versi Madrid (difoto dari Puerta del Sol)
Skip lagi....

Trus waktu adegan Will sama adik tirinya, Lucia (Veronica Echegui) lompat dari atap rumahnya Uncle Diego, di kejauhan tampak San Francisco el Grande Basilica. Saya suka banget nih sama pemerannya Lucia. Logat Spanish-nya kental banget.

San Francisco el Grande Basilica

Lagi-lagi skip...

Will Shaw sama Lucia naik metro ke Puerta del Sol. Tapi begitu turun kereta, nongolnya bukan di Stasiun metro Puerta del Sol, tapi di Stasiun kereta Atocha. Keluar stasiun, tahu2 udah di Puerta del Sol. Will ketemuan sama penjahat yang nyulik keluarganya di situ.

Metro Madrid

Atocha train station

Puerta del Sol
Skip skip skip...

Akhirnya sampe juga di bagian akhir film. Adegannya Will sama Lucia lagi kejar-kejaran mobil sama Jean Carrick. Adegan kejar-kejaran ini ngelewatin Puerta de Alcala. Akhirnya, kedua mobil bertabrakan di Las Ventas. Tamat deh...

Puerta de Alcala

Las Ventas
Rasanya baru kali ini saya nonton film yang lokasi syutingnya baru aja saya datengin. Film ini syutingnya bulan Oktober 2011. Sementara saya ke Madrid akhir September 2011. Beda-beda tipis euy... Itu pohon-pohon di Madrid yang nongol di film, daunnya juga masih kuning keemasan. Masih musim gugur yang sama. Haduuuhh... Seandainya saya nunda berangkat, barangkali saya bisa nongol jadi cameo kali ya? Hehehe...

ARTIKEL TERKAIT:

8 comments:

  1. waaah di ujung ternyata ada edisi ngarep... wakakakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya soalnya saya kan belum pernah masuk tipi. Wkwkwk... :p

      Delete
  2. Ooooh.. jadi ketauan yah kalo lu penggemar Meteor Garden ckckckck.... salam ya buat To ming Tse & san chai. hahahaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deehh,,, gw ngaku. Gw dulu demen sama F4.
      *sambil nutup muka*

      Delete
  3. Jadiiiii... Jadiiiiiii.... Jadi lo bela-belain pergi ke Barcelona karena film Meteor Garden????? Lo musti ngomong ini jujur waktu talkshow, hihihihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan gitu dooonnk... Kan bisa mengurangi sisi ke-macho-an gw. Hahaha... :D

      Delete
  4. Keren..Madrid..pengen ke Santiago Bernabeu juga :)

    yg mau ngikuti cerita saya di belanda silahkan mampir di: http://zoera-tourtravel.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Bro. Keren jalan-jalan keluarga di Madurodam :D

      Delete