Thursday, May 24, 2012

Resensi Buku Portugal, Spanyol, Maroko di Radar Surabaya


Menjelajah Nilai Sejarah Tiga Negeri
OLEH :
SUHAIRI RACHMAD


JUDUL BUKU : Portugal, Spanyol, Maroko
PENULIS       : Indra P. Nugraha
PENERBIT     : B First
CETAKAN     : Pertama, April 2012
TEBAL           : xii + 320 halaman
ISBN             : 978-602-8864-55-8

Tidak semua orang memiliki peluang mengelilingi berbagai negara yang ada di belahan bumi ini. Hal tersebut tentu erat kaitannya dengan kondisi ekonomi masing-masing. Sebab, mengelilingi sebuah negara tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Nah, bagi Anda yang memiliki agenda menjelajahi kota-kota di Portugal, Spanyol dan Maroko, Anda akan terbantu dengan membaca buku Portugal, Spanyol, Maroko yang ditulis oleh Indra P. Nugraha.

Portugal memang tidak setenar Spanyol atau Maroko. Namun Portugal memiliki sejarah yang akan mengingatkan kita pada masa lalu. Seperti yang telah kita pelajari dalam buku sejarah, Portugal terkenal armada lautnya yang telah menjelajah dunia, bahkan hingga ke Indonesia. Terlepas dari eksploitasi rempah-rempah Indonesia, Portugal memang pada saat itu menjadi raja di lautan. Oleh karena itu, tak heran jika di Lisbon, ibu kota Portugal, dibangun sebuah monumen yang didedikasikan kepada para penjelajah dunia yang pernah mereka miliki.


Selain itu, kita akan menemukan bangunan-bangunan tua yang juga memiliki nilai sejarah. Di pusat kota Porto misalnya, kita akan disuguhi jalanan tua berlapiskan cobblestone yang diapit oleh bangunan-bangunan tua yang umumnya berasal dari abad pertengahan. Bukan hanya itu, kita akan takjub melihat bangunan klasik khas Eropa yang menunjukkan keindahan kota tua tua peninggalan Islam.

Portugal memang pernah dikuasai bangsa Moorish dari Afrika Utara. Di Lisbon, ada sebuah distrik bernama Alfama yang konon telah ada sejak era bangsa Moorish yang menguasai Portugal sejak abad ke-8. Peninggalan bersejarah tersebut akan melengkapi pengetahuan kita ketika dikaitkan dengan materi sejarah yang pernah kita pelajari di sekolah.

Spanyol lebih terkenal daripada Portugal. Negara yang pernah menjadi pusat peradaban Islam ini memang telah menjadi salah satu destinasi favorit dan menjadi daya tarik wisatawan dari seluruh dunia. Bahkan di Barcelona banyak bangunan yang memiliki cita rasa seni tinggi. Hal itu tak mengherankan karena Barcelona merupakan tempat tinggal Antoni Gaudi. Semasa hidupnya, Gaudi telah menghasilkan beberapa bangunan yang menjadi masterpiece. Salah satu contohnya adalah La Sagrada Familia yang menjadi salah satu daya tarik Barcelona.

Bagi pecinta kesebelasan Barcelona dan Real Madrid, negeri ini pasti menjadi sebuah impian. Merupakan kebanggaan tersendiri jika kita bisa menyaksikan langsung stadion tempat mereka mengadakan latihan. Hal ini bisa menambahkan kecintaan kita pada dunia persepakbolaan.

Namun, bagi kita yang tidak menyukai sepakbola, Spanyol memilik pusat kebudayaan Gotik dan galeri-galeri seni karya seniman terkenal, hingga pertunjukan matador yang membuat jantung kita mau copot. Pertunjukan Matador melawan banteng ini bisa kita saksikan di Las Ventas. Bangunan berkapasitas 25.000 tempat duduk dan diarsiteki Jose Espeliu ini didirikan pada tahun 1931 (hal. 218).

Selain Portugal dan Spanyol, Maroko ternyata memiliki keindahan yang luar biasa. Negeri ini memiliki kebudayaan yang jauh berbeda dengan negara-negara Eropa pada umumnya. Negeri ini memiliki akar kebudayaan Islam yang sangat kuat. Selain itu, Maroko merupakan salah satu negara yang dilalui Gurun Sahara. Kita bisa menyusuri gurun ini dengan mengendarai unta atau kendaraan 4WD.

Maroko juga memiliki Karaouine University yang didirikan pada 1947. Meskipun tergolong baru, riwayat universitas ini sudah dimulai sejak 859 Masehi, yakni ketika di area ini didirikan sebuah masjid dan madrasah. Madrasah ini didirikan hanya berselang dua abad dari zaman Nabi Muhammad Saw (hal 259-260).

Membaca buku ini sangat membantu kita mengetahui sejarah ketiga negara tersebut. Apalagi, buku ini dilengkapi dengan ratusan tips anti bingung selama melakukan traveling, kiat hemat dan peta transportasi. Bahkan, jika kita mengamati secara teliti foto penulis dalam buku ini, hal tersebut akan memperkuat keinginan kita untuk mengelilingi tiga negara tersebut.

Namun jangan lupa, kita harus membaca pengeluaran riil penulis selama mengadakan traveling ini, seperti biaya visa, asuransi, tiket pesawat, tiket feri, tiket kereta, dll yang tertera pada halaman 308-312. Kita bisa merencanakan traveling tersebut dengan mengukur kondisi keuangan yang ada di kantong kita.

Suhairi Rachmad, pecinta buku, tinggal di Sumenep Madura


*Artikel ini pernah dimuat di Harian Pagi Radar Surabaya (Grup Jawa Pos), Minggu 20 Mei 2012

ARTIKEL TERKAIT:

14 comments:

  1. Nicely reviewed.... Keren Gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spesialis pertamax agan ini. Thanks Gan. Bagi cendolnya donk!!! Hahaha...

      Delete
  2. 1st baby ya Indra?? Tahniah :)

    ReplyDelete
  3. Saya pengen keliling dunia tapi itu cuma mimpi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kok... Trip saya kemarin juga awalnya dari sekadar mimpi :D

      Delete
  4. asik tuh ke spanyol.. ketemu messi donk.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Pas saya ke Barcelona dia lagi main tandang :D

      Delete
  5. abiii tambh naiak daunnn.diresensi mas Suhairi...bangga jdi nini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Niii... Kamu jadi bagian yang tak terpisahkan dari buku ini :)

      Delete
  6. Mantap agan Indra dgn segudang traelling nya.
    Boleh ane nanya gan? Dlm wkt dekat ane mau brangkat ke bermuda, bekerja. Ane arrange perjalanan sendiri. Tiket yg sesuai dgn budget ane pake BA landing di Heathrow dan keluar terminal dgn bus menuju Gatwick utk penerbangan selanjutnya.
    Apakah ane butuh UK visa utk keperluan transit yg kurang dari 24jam itu? Dokument yg ane pegang cuma kontrak kerja dan working permit dari pemerintah Bermuda.
    Demikian kepentingan ane, smg agan dpt memberi pencerahan kpd ane. Tq ghenus_rc@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap agan ini. Udah ane bales di email ya Gan :D

      Delete
  7. Buku ini bisa di dapetin dimana yah? Apakah ada di gramedia jakarta? Atau kalo tidak ada, secara online apakah bisa? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat yaa atas peluncuran blognya :D

      Di toko2 buku seperti Gramedia dan Gunung Agung ada kok Mba'. Online juga ada. Contohnya di sini,

      http://mizan.com/index.php?fuseaction=buku_full&id=6163

      http://www.pengenbuku.net/2012/05/portugal-spanyol-maroko.html

      http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/104293/portugal-spanyol-maroko.html

      http://www.bukukita.com/Perhotelan-dan-Pariwisata/Pariwisata/103109-Portugal,-Spanyol,-Maroko.html

      Delete