Sunday, May 6, 2012

Tur Stadion Santiago Bernabeu


Udah lama banget saya nyari waktu yang pas buat nge-post tentang ini. Kayaknya sekarang waktu yang paling pas. Soalnya Real Madrid baru aja ngunci gelar sebagai penguasa La Liga. Tunggu dulu!!! Ini bukan tentang jalannya pertandingan ataupun riwayat tim sepakbola Real Madrid. Ini tentang stadionnya, Estadio Santiago Bernabeu.

Nggak bisa dipungkiri, penggemar tim sepakbola pasti akan memprioritaskan kunjungan ke stadion markas tim kesayanganya. Seperti halnya saya ketika mendapatkan kesempatan mengunjungi Kota Madrid beberapa bulan yang lalu. Kunjungan ke Stadion Santiago Bernabeu sudah menjadi prioritas utama. Jadilah setelah menitipkan “karung beras” di hostel, saya langsung naik metro ke sono.

Begitu keluar dari Stasiun Metro Santiago Bernabeu, tampaklah sebuah bangunan megah yang selama ini cuman saya liat di TV. Stadion kebanggaan Real Madrid ini ada di depan mata kepala saya dengan hanya terhalang oleh beberapa pohon yang daunnya tampak mulai menguning keemasan sebagai pertanda musim gugur telah tiba. Buseeett... Panjang bener yak kalimat terakhir? :p

Tadaaaa!!! Selamat datang di Estadio Santiago Bernabeu

 Hal pertama yang saya lakuin tentu saja nyari loket yang ngejual tiket tur stadion. Saya muterin stadion ke arah kanan berlawanan arah jarum. Nyusurin loket satu-satu sampe hampir kembali ke tempat semula. Ternyata loketnya nggak jauh dari gerbang utama stadion. Mustinya saya tadi nyusurin stadion ke arah kiri alias searah jarum jam. Duhh!!!

Loket tur stadion

Pagi itu nggak banyak yang ngantre beli tiket. Cuma ada beberapa orang aja. Harga tiket tur Stadion Santiago Bernabeu ini “hanya” 16 Euro saja. Ya termasuk murah kalo dibandingin sama harga tiket nonton pertandingan yang nyampe puluhan Euro. Setelah tiket di tangan, saya langsung masuk ke dalam. Yeay!!! Akhirnya gue bisa masuk ke stadion tempat Christiano Ronaldo dkk bertanding.

Tiket bergambar Kaka plus peta rute tur

Tempat pertama yang saya datengin itu salah satu sudut di tribun atas. Lumayan tinggi juga tuh... Untungnya ada eskalator. Dari tribun atas, saya bisa ngelihat panorama stadion. Saya juga nyempetin foto-foto doonk... Nggak cuma foto lapangan, tapi juga foto diri. Mbak-mbak yang saat itu berjaga berbaik hati mengambilkan saya gambar dengan berbagai pose. Setelah ngucapin “gracias”, para turis yang lain malah ikut-ikutan minta tolong difotoin sama mbak-mbak itu. Duh, maafin saya ya Mbak!

Pose andalan :p

Habis dari tribun atas, saya turun menuju museum. Nah, ini bagian yang nggak boleh dilewatin. Di museum inilah kita bisa ngelihat kebesaran Real Madrid. Di dalamnya ada koleksi trophy dari jaman baheula sampe sekarang. Ada juga poster besar Raul Gonzales. Meskipun tak lagi merumput di Santiago Bernabeu, top skorer sepanjang masa Real Madrid ini masih tetap ada di hati para fans. Kemudian, ada juga video tentang gol-gol terbaik, kostum tim dari masa ke masa, dan juga poster lengkap pemain saat ini.

Pintu masuk museum

Poster Raul Gonzales

Koleksi Trophy

Koleksi Trophy Individu

Piala Terbaru saat itu, Copa del Rey

Formasi lengkap Tim Real Madrid

Dari museum, saya kembali menuju tribun. Kali ini tribun bawah. Pemandangannya ya sama aja kayak di tribun atas tadi. Cuman beda sudut pandang aja. Terus, saya turun ke lapangan dan menginjakkan kaki di atas rumput. Ya cuman di pinggir lapangan aja sih... Habis itu saya ke bench pemain. Di sini saya bebas duduk-duduk. Sughoooiiiii... Saya bisa duduk di kursi dimana pemain-pemain hebat seperti Zidane, Cannavaro, Raul hingga Ronaldo pernah duduk di situ. Saya pun nggak melewatkan kesempatan untuk foto-foto lagi. Tapi kali ini difotoin sama sesama turis.

Bisa nyentuh rumputnya langsung euy!!!

Zidane pernah duduk di sini

Players Tunnel

Lapangan difoto dari bench pemain

Setelah puas ngelus-ngelus kursi pemain, saya naik lagi ke tribun. Waktu ngelewatin tribun tempat para tamu VIP menonton pertandingan, hasrat “ingin difoto” saya kambuh lagi. Alhasil saya foto-foto dulu di situ. Hehehe... Habis itu saya menuju Ruang Media dimana biasanya Jose Mourinho duduk di situ ngasih keterangan pers. Dan akhirnya tur keliling stadion pun berakhir di toko souvenir.

Itu bule ngapain ikutan ngeliat kamera?

Press Room

ARTIKEL TERKAIT:

27 comments:

  1. Ayo Ndra, kenapa ga sekalian nungguin pertandingannya... gpp lah puluhan Euro, once in a lifetime ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dilema terbesar yang gw alamin selama di Europe. Waktu gw ke stadion, sorenya ada match lawan Rayo Vallecano. Gw sempet mencet2 tombol di vending machine. Mau beli tiket. Pas liat halaman pembayaran, tiketnya paling murah 60Euro. Gw langsung keder duluan. Europe trip baru setengah jalan. Sementara duit gw udah mefeeet banget. Alhasil gw nggak jadi beli.

      Malemnya, temen sekamar gw di hostel cerita kalo Madrid menang 6-2. Haduuuuhhh... Nyeselnya masih kebawa sampe sekarang. Pokoknya gw harus ke Madrid lagi :D

      Delete
  2. wooooow.. gw ga ngerti bola dan real madrid, tapi gw tau Raul Gonzales. Gantengnyaaaaa *salah fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sang pangeran yang selalu ada di hati Madridista. Meskipun sekarang masih belum jelas nasibnya setelah nggak memperpanjang kontrak di Schalke.

      Delete
  3. eh,eh gw penasaran ndra, yg potoin lu sapa ya?angle-nya bagus2 pisan,,,jangan2 lo maksa2 bule di sana buat jadi tukang poto gratisan yak?heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Gw masih inget siapa yang motoin gw lhoo... Foto pertama itu difotoin mbak bule yang jaga di sana, trus kalo foto pas di bench (ada di cover foto FB gw), difotoin sama orang Saudi yang kerja di London, kalo foto terakhir yang ada cameo-nya sepasang bule itu pake self timer.

      Delete
  4. wah.. trus klo yang liat pemain latihan n minta tanda tangan itu kapan?? bisa gak??

    ke santiago bernabeu salah satu impianku... keep update mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hala Madrid! Hehehe... Kalo di Eropa, kebanyakan tim latihannya nggak di stadion yang sama dengan match. Kalo Madrid, kamp latihannya ada di Ciudad Deportiva. Ini letaknya ada di timur laut kota Madrid, nggak jauh dari Barajas Airport. Kalo Santiago Bernabeu kan bisa dibilang masih di tengah kota meskipun agak ke utara.

      Delete
  5. biasanya kalau masuk ke stadion santiago tiket masuk berapaan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Santiago Bernabeu tiket turnya 16 Euro Bro :D

      Delete
  6. Mas indra, ke spanyol (Madrid) dari Indonesia ngabisin biaya brapa? saya juga rencana mau jalan2 kesana, maklum madridista sejak lahir.. hihi.. mau hitung budget nya dlu hehehe.. tks mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Kalo buat rincian pengeluaran bisa baca buku saya. Tinggal disesuaiin kurs dan inflasinya aja :D

      Delete
  7. wuiiihh..keren..
    mimpi yg belum kesampean.. :D
    Hala Madrid..!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hala Madrid!!! Moga2 mimpinya segera terwujud yaa... Saya juga kepengin ke sana lagi buat nonton El Classico :)

      Delete
  8. waaah, jadi kangen.. saya juga pernah kesana, walaupun cmn hadiah sih bukan uang sendiri.. >.<

    tapi mas, saya saranin walaupun ga nonton pertandingan, tapi usahain tetep dateng ke stadion.. soalnya habis pertandingan suka ada yang jualan jersey original musim kemaren yang murah..
    sebagai perbandingan klo jersey baru dijual 80 euro di toko adidas, nah klo di penjual di luar stadion dia bisa jual 20 euro.. lumayan kan... :D

    trus jersey murah (musim lalu) juga ada yg jual di puerta del sol (alun2 kota madrid), disana jersey musim lalu kita bisa dapet setengah harga. jadi sekitar 40 euro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya euy!!! Sebelum match kemarin saya juga liat mulai ada yang buka lapak di depan stadion. Persis kayak lapak2 yang ada di jembatan penyebrangan di Jakarta. Tapi bedanya, yang jual bule euy!!! :D

      Delete
  9. wkwkwk.... keren mas bro... kira2 anda kesana habis berapa ya? (dalam rupiah) ane jg pengen nyelengin gan, siapa tau ane kaya... seperti ente.. hahaha....
    salam Madriditas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenkyuu... Saya kemarin sekalian traveling ke beberapa negara. Jadi nggak cuman ke Madrid aja. Kalo detail pengeluarannya bisa dilihat di buku saya. Hehehe... Hala Madrid!!!

      Delete
  10. lucky you deh mas, keren bangets deh seriusan.
    bikin ENVY liatnya!!!
    *sambil ngayal lagi di Bernabeu* -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Saya juga awalnya ngayal dulu. Ngimpi dulu. Abis itu nekat beli tiket. Abis itu ngos-ngosan nabung buat ke sana :D

      Delete
  11. mas aku iriiiiiiiii... sungguh!
    masi mimpi bisa ke santiago bernabeu. kalo aku yang kesana baru liat tulisan 'Estadio Santiago Bernabeu' usa pingsan kali yaa... hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat tulisannya itu "WOW" banget lhoo... Begitu kita keluar stasiun Metro, langsung terpampang stadion megah bertuliskan "Estadio Santiago Bernabeu"

      :D

      Delete
  12. Kereeen. Dan bikin iriiiii. >_< 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, setelah dua tahun ada yang komen lagi. Hehehe... Thanks Mbak Nela :D

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete