Wednesday, November 6, 2013

Europe Honeymoon Series-Visa Visa Visa



Sebagai pemegang paspor Indonesia, kami harus menerima kenyataan bahwa kami perlu visa untuk ke Eropa. Demi selembar stiker itu, kami harus menyerahkan berlembar-lembar dokumen ke kedutaan. Selama dokumen lengkap, sebenernya ngurus visa ini nggak susah. Hanya saja, prosesnya agak ribet dan makan waktu. Mungkin juga makan biaya karena beberapa Kedutaan mensyaratkan kehadiran untuk wawancara. Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, mungkin pengorbanan biaya ini nggak terlalu terasa. Tinggal naik angkot atau busway aja. Tapi bagi saya yang tinggal di luar Jawa, untuk ke Jakarta ini saya harus keluar ongkos lumayan besar.


Ilustrasi Visa Schengen dari Kedutaan Belanda

Untuk sementara, lupakan dululah soal ongkos. Dalam beberapa minggu ke depan, kami  bakal dibuat kerepotan soal urusan visa. Tentang memilih kedutaan, kami sedari awal emang mau apply di Kedutaan Belanda. Wajar aja sih kami pilih Belanda. Pertama karena pesawat kami akan mendarat di Belanda. Negara ini akan jadi negara pertama dan terakhir yang kami kunjungi di Eropa. Kedua, kami punya keluarga yang mengundang kami ke sana. Jadi kami bisa apply visa kunjungan. Ketiga, kalo bagi saya pribadi sebagai frequent traveler, Kedutaan Belanda pada saat itu memberikan fasilitas tidak perlu hadir untuk wawancara. Itu artinya, saya bisa hemat tiket pesawat ke Jakarta. Dokumen saya tinggal nitip ke Sinta aja. Sinta juga tetep perlu ongkos ke Jakarta. Tapi nggak terlalu mahal karena saat itu dia tinggal di Semarang.

Tapi masalahnya, untuk apply visa di Kedutaan Belanda itu kami harus membuat janji via internet. Sementara saat itu, situs web kedutaan sedang diperbaiki. Mengingat waktu yang semakin mendesak, kami harus memikirkan alternatif kedutaan untuk apply visa. Sempat terpikir untuk apply di Kedutaan Hongaria yang juga tetanggaan sama Kedutaan Belanda. Tapi itu berarti, kami harus merevisi ulang itinerary karena kunjungan ke Hongaria hanya sebentar dan pesawat kami pun dari Asia nggak mendarat di Budapest, melainkan di Amsterdam. Akan jadi tanda tanya besar bagi Kedutaan Hongaria kalo kami apply di sana. Sebenernya emang yang paling cocok untuk kami apply tetep Kedutaan Belanda.


Di saat kami masih kebingungan, ada temen Backpacker Dunia yang kasih info kalo situs web Kedutaan Belanda udah bisa dibuka. Langsung deh saya meluncur buat booking jadwal/slot wawancara untuk istri. Sementara saya nggak booking untuk diri sendiri ataupun booking untuk grup. Soalnya waktu terakhir kali saya apply visa di sana, petugasnya ngomong kalo next time saya nggak perlu buat reservasi dan dateng langsung. Saya dapet kemudahan ini karena udah termasuk frequent traveler. Jadi saya ya pede aja nggak booking buat diri saya.

Pas kebetulan saya lagi di Jakarta, saya dengan pedenya masukin berkas. Serta-merta, saya ditolak masuk oleh petugas keamanan yang berjaga di luar. Katanya, saya tetep harus buat reservasi via internet. Ternyata perbaikan situs kemarin itu juga menyisakan perubahan peraturan. Saya paling benci nih yang namanya perubahan peraturan mendadak begini. Masih inget waktu saya di Hongkong? Saya ditolak masuk Shenzen karena ada perubahan peraturan. VOA untuk Indonesia untuk sementara waktu ditutup. Inget waktu di Maroko? Saya ditolak terbang ke London. Kebijakan Transit Without Visa dipersempit lingkupnya hanya untuk pemegang visa Schengen jangka panjang. Yang saya nggak habis pikir tuh semuanya kok ya berubahnya pas kejadian sama saya.

Langsung deh saya buka web Kedutaan Belanda. Sekilas emang nggak terlihat ada perubahan. Tapi setelah dicermati, ternyata ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Pertama, applicant yang udah punya dua Visa Schengen dalam dua tahun tetep perlu reservasi jadwal wawancara. Tapi kehadirannya tidak diperlukan. Jadi tetep bisa diwakilkan alias tanpa wawancara, hanya saja, tetep harus buat janji via internet. Kedua, proses penyelesaian visa, kalo dulu bisa jadi pada hari yang sama, sekarang baru bisa jadi keesokan harinya.

Saya langsung kelabakan deh nyari slot buat masukin berkas. Sekadar info, jadwal bukaan baru slot masukin berkas di situs Kedutaan Belanda itu jam 18.00 WIB. Ini untuk slot dua minggu ke depan. Ini juga sekaligus merevisi tulisan saya di Buku Portugal, Spanyol, Maroko. Soalnya waktu saya nulis buku itu di tahun 2011, jadwal bukaan baru masih jam 00.00 WIB.

Jam 17.55, saya udah standby buka halaman slot. Saya buka pake tiga browser sekaligus. Itu pun masih dibantuin lagi sama Sinta dan Linda. Oiya, Linda ini adiknya Sinta. Beberapa detik sebelum pukul 18.00, kami refresh lah masing-masing page yang udah kami buka. Langsung kami klik kolom hijau yang menandakan ketersediaan slot. Tapi apesnya, begitu diklik, nongol tulisan “slot is busy”. Dan begitu kami refresh lagi, kolom hijau itu udah berubah menjadi merah yang artinya, slot udah penuh. Astagaa!!! Banyak amat yang berebut ngedapetin slot.

Waktu terus berjalan dan saya masih juga belum dapet slot. Saya mulai stress nih... Akhirnya saya minta tolong Sinta buat nanyain ke travel agent. Mana tahu ada yang bersedia bantuin ngurus visa. Eh, ternyata mereka mensyaratkan saya harus ikut tur mereka. Ada juga yang bersedia ngurusin, tapi tetep saya harus cari slot dulu. Waduh!!!

Saya juga coba hubungi Konsulat Belanda di Surabaya. Kalo di Surabaya, reservasi bisa dilakukan via telepon. Dapet sih slotnya. Tapi saya harus hadir. Dan lagi, aplikasi visa saya diputuskan di Kedutaan Belanda yang di Kuala Lumpur. Ini makan waktu dan biaya banget. Saya juga udah coba kirim email ke Kedutaan Belanda. Saya curhat, ini lho saya mau honeymoon sama istri ke negaramu, tapi karena perubahan peraturan, saya jadi kesulitan buat dapet slot. Seandainya sedari awal saya udah tahu peraturan itu, kan saya tinggal booking buat grup. Waktu saya booking, webnya nggak seramai sekarang. Oleh staf kedutaan, email saya disambut positif dan saya diberi slot. Tapi cuman seminggu sebelum keberangkatan alias di minggu pernikahan saya.

Di kala semangat saya mulai runtuh, ternyata Tuhan ngasih jalan. Jadi waktu itu Sinta lagi wawancara. Dia nanyain sekali lagi tentang kasus saya. Oleh petugas, Sinta diperkenalkan dengan seorang agen yang kerjaannya sehari-hari ngurus dokumen permohonan visa di Kedutaan Belanda. Dia bisa bantu nyariin slot. Biayanya cukup seikhlasnya aja, dan baru dibayarkan setelah dapat slot. Sementara kalo nyari slot plus sekalian ngurusin dokumen, biayanya 500ribu. Kayaknya orang ini harapan terakhir saya. Saya langsung setuju buat minta tolong sama dia. Waktu itu dia nggak mau dibayar dulu. Dia cuman minta dituliskan data-data saya untuk keperluan nyari slot. Benar saja, beberapa hari kemudian, saya dapet slot. Dan dua minggu kemudian, visa saya sudah jadi. Lega rasanya :D

Disclaimer : Tentang penggunaan jasa agen, semata-mata berdasarkan pengalaman pribadi. Jangan mudah percaya dengan pihak-pihak yang menawarkan jasa yang mensyaratkan pembayaran di muka melalui transfer.

ARTIKEL TERKAIT:

59 comments:

  1. Fiuuh... melelahkan dan deg degan banget yah Ndra.. Gw aja bacanya ikutan tegang.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang Bro... Tenang... Minum air putih dan tarik nafas perlahan2. Hahaha... :D

      Delete
  2. Besar jugak ongkos nya utk siapkan VISA ya..ehh..betul ke tidak JM ngomong ni heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah betul ngomongnya. Ongkos visa bisa dapat tiket return Jakarta-Kuala Lumpur. Hehehe... :D

      Delete
  3. Pfiughhhh..ikutan mules bacanya :)

    ReplyDelete
  4. ngurus visa itu emang selalu ribet yak? hihihiy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Selalu ribet dan wasting time. Kecuali visa China kayaknya ya?

      Delete
  5. Mas boleh minta kontak yg bisa bantu soal slotnya mas,,, soalnya sampai hari ini saya blm mendapatkan slot appointment mas... sebelumnya terima kasih banyak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana Mas Fadli udah dapet slotnya? Kalo belum bisa via japri aja :)

      Delete
  6. boleh minta nomer kontak yg bisa bantu? tdi sempet ijo, trs langsung busy..pm ya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah saya kirim via email ya? Lagi ngurus visa buat keluarga dateng wisuda ya? *sok tahu* :D

      Delete
  7. Mas Indra, boleh saya dijapri jg kontak agennya mas?.. Nasib saya sama seperti mas2 diatas nih 😭
    Alhamdulillah bgt nemu blog mas Indra ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana Mbak udah dapet slotnya? Via email aja yaa.. :D

      Delete
    2. Saya akhirnya lwt kedutaan Perancis mas. Alhamdulillah dpt slot tp msh minggu depan sih.. Kebetulan lamanya nanti di Italy sm Perancis.. Bisa gt kan ya mas?..
      Kira2 bakal di-approve ga ya mas? Soalnya dateng dan pulangnya lwt Belanda..
      Tetep sy tunggu japrian email-nya deh mas ya, buat back up, hehe..
      Tau email saya kan ya? :)
      Makasih banyak sebelumnya :)

      Delete
    3. Kalo via Kedutaan Prancis saya belum ada pengalaman sih Mbak. Tapi pastinya bakalan jauh lebih lama karena lewat pihak ketiga. Mustinya sih nggak masalah ya Mbak karena Prancis jadi kota tujuan utama (paling lama). Saya sendiri pernah pake visa dari Kedutaan Belanda, tapi masuknya dari Paris. Waktu apply visa dan di bandara Paris nggak masalah. Yang agak bermasalah malah di bandara keberangkatan. Agak dodol emang stafnya.

      Saya nggak tahu emailnya tuh mbak. Liat dimana ya? Di google plus juga nggak kelihatan :p

      Delete
  8. Iya ya mas?.. Dan lebih mahal :|. Ya gmn..kedutaan Perancisnya udah kerjasama sm si TLSContact itu unt pendaftaran onlennya :|
    Email saya debrithadewi@gmail.com
    Ditunggu ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah saya kirim ya Mbak. Tapi mudah2an nggak jadi dipake alias visa dari Prancisnya goal :)

      Delete
  9. hai Mas, sy boleh minta kontak agen barusan ga? soalnya udah usaha kirim email blm dibalas. terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo... Ini Mbak Dian Akram yang di FB ya? Nah, itu udah dapet kontaknya :D

      Delete
  10. halo mas, boleh saya minta kontak agen-nya gak? saya lagi mumet ngalamin hal yg sama dgn mas nih. terimakasih atas infonya ya ;-)

    ReplyDelete
  11. Hi mas,
    saya kebetulan lagi mumet dan cari2 info ttg visa..
    Dan beruntungnya dapatin website mas..

    Saya rencana mau apply via Itali, tapi katanya susah..
    Ya jadinya mau apply via dubes belanda saja..

    Mas, kalo boleh saya minta kontak agent nya mas...
    Dan ini agent, cuma bisa dubes belanda saja ya mas? Kalo itali?

    Saya juga lagi ubek2 website mas, terima kasih banyak mas,
    Banyak banget informasi yang sangat membantu..

    email saya: rizalmuthi@gmail.com

    Thank you very much sir

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas, saya balas lagi email nya dengan beberapa pertanyaan.. :)

      Delete
  12. saya juga slot nya selalu penuh. Bisa tlg dijapri infonya mas di anie_ok@yahoo.com terima kasih

    ReplyDelete
  13. saya mau jg dijapri dong,slot br ijo tgl 7,padahal ada interview bwt phd tgl8 april. di rinikartikasari.05@gmail.com yaa. makasih

    ReplyDelete
  14. terimakasih banyak mas..sebelumnya sdh kirim email tp hanya dbls dgn mesin penjawab otmts.. d telpon ga nyambung terus,padahal nonstop dcoba dr jam1_2..sudah bingung lg hrs bgmna.terimakasih banyak masukan n infonya ya..saya coba dl.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngirim emailnya udah ke JAK-VISA@minbuza.nl Mbak? Dulu saya baru dibalas 5 hari kemudian. Alternatif lain, bisa coba apply visa via Konjen Surabaya atau Medan. Di sana bisa booking slot by phone. Pas telepon mungkin bisa disampaikan urgensinya. Tapi proses visanya lebih kurang 2 minggu karena keputusan ada di Kedubes Belanda di Malaysia.

      Delete
  15. mas,,saya boleh minta kontak agent nya mas? slotnya selalu penuh,,padahal saya harus berangkat tanggal 4,,di yuristyamega@gmail.com

    ReplyDelete
  16. Pagi Mas,

    Bisa minta kontak untuk agen nya. ini untuk sebulan ke depan sudah penuh padahal saya butuhnya mepet. Segala syarat sudah lengkap.

    Email saya : juli.nugraha@gmail.com

    MAkasi Banyak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa coba kirim email ke Kedutaan Mas. Atau apply via Konjen Surabaya/Medan :)

      Delete
  17. Hai mas, thanks berat, artikelnya menghidupkan harapan saya yang dah nyaris putus asa kepentok slot merah. Boleh saya dikirim kontak agennya ke email: yy_blue@yahoo.com? Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ani Cosette yang komen di atas barusan menghubungi agennya Mbak. Katanya slot bulan ini udah penuh.

      Delete
  18. Mas boleh minta kontak yg bisa bantu soal slotnya. Saya sampai hari ini blm mendapatkan slot appointment. Mohon di share ke harmu@me.com. Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  19. Mas Indra boleh saya tanya nomor2 telpon agentnya??

    Karena saya ada masalah

    1. Saya sudah mengambil slot group 10 orang untuk tgl 16 April,tetapi nama depan saya salah memasukkan nama sedangkan nama belakang dan nomor passport sudah benar, saya mengisi nama depan dengan nama suami karena saya cek di google translete Voornamen namen artinya suami (karena waktu itu terburu2 ngambil slotnya jadi tidak teliti),jadi saya mengisinya dengan nama suami ,apakah nanti akan menjadi masalah pas datang ke kedutaanya??

    2. Saya membuat slot 10 orang sebenarnya group saya 11 orang,karena pada waktu itu salah seorang peserta group Passportnya blm seselai di buat,jadi saya memasukkan nama yang 10 orang di tgl 16 april dan pas peserta yg 1 passportnya selesai saya langsung mengambil slot waktu itu avail di tgl 22 april,yang mau saya tanyakan apakah boleh yg 1 orang ini ikut apply bareng dengan yg tgl 16 April??

    Tolong japri ke febby_konevi@yahoo.com ya mas..

    Sebelumnya Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Hallo mas Indra,

    Saya Nizar, sekarang ini sedang membantu aplikasi visa adik saya untuk pergi ke Belanda. Adik saya diharapkan bisa seceptanya ke belanda, tapi kami mengalami kesulitan dalam membooking slot janji aplikasi visanya. Mas, boleh minta kontak agentnya?. Kalau boleh, tolong dikirim kontaknya ke nizarmc@gmail.com

    Saya ucapkan terima kasih banyak untuk bantuannya.


    salam,
    Nizar

    ReplyDelete
  21. Mas Indra.. nama saya Adi. saya juga butuh dibantu nih untuk dapetin slot karena sdh telanjur issued tiket di tgl 13 Mei dari UK ke Amsterdam.. boleh minta kontak agent yg bisa bantu dapetin slotnya.. saya sdh usaha sana sini.. telp konsulat bali dan surabaya jg sdh.. email juga sdh.. tp pas baca tulisan mas indra kalo email baru di balas 5 hari kemudian saya jadi lemes.. plis help ya Mas... japri aja ke adiwiyana.ap2@gmail.com
    thanks Mas

    ReplyDelete
  22. Mas Indra.. nama saya Adi. saya juga butuh dibantu nih untuk dapetin slot karena sdh telanjur issued tiket di tgl 13 Mei dari UK ke Amsterdam.. boleh minta kontak agent yg bisa bantu dapetin slotnya.. saya sdh usaha sana sini.. telp konsulat bali dan surabaya jg sdh.. email juga sdh.. tp pas baca tulisan mas indra kalo email baru di balas 5 hari kemudian saya jadi lemes.. plis help ya Mas... japri aja ke adiwiyana.ap2@gmail.com
    thanks Mas

    ReplyDelete
  23. Mas Indra, nama saya Dian, butuh bantuan utk dapetin slot. Boleh minta kontak agent yang bisa bantu dapet slot di kedutaan belanda? Email saya dtotto@hotmail.com. Terima kasih sebelumnya nih mas.

    ReplyDelete
  24. Hi Mas Indra, apa bisa minta agent yg bisa bantu cari slot interview di kedubes Belanda?. Kira2 fee nya brp?. Email aku indoline1@yahoo.com.. Tq

    ReplyDelete
  25. Hi mas Indra, saya Imelda, saya ingin apply visa schengen di kedubes belanda tapi slot wawancaranya selalu penuh dan akhir juni saya akan berangkat ke rusia dan merencanakan untuk pergi ke belanda, apakah mas bisa memberikan kontak agent yang bisa membantu memberikan slot wawancara tersebut ? email saya : imlclara@yahoo.com

    ReplyDelete
  26. Terima kasih Mas atas perhatiannya.

    ReplyDelete
  27. Selamat pagi Mas Indra, semoga sehat selalu. Saya Irvan, mahasiswa dan Juli ini harus berangkat ke Belanda untuk acara mahasiswa.

    Saya dan teman-teman sedang butuh segera booking slot VISA ini karena kemarin sempat ada yang eror di sistemnya. Kurang dari sebulan lagi berangkat.

    Jika boleh dikirimkan data agennya, ke email saya di herviansyah@gmail.com

    ReplyDelete
  28. Hai Mas Indra, jodoh banget nih ketemu blogmu. Udah putus asa nungguin slot kosong di kedutaan belanda. Tolong donk mas email-in contactnya ke : mimi@quantumplast.com. Terima kaish banyak untuk sharing dan bantuannya, sangat berguna untuk kita2 yang pusing 7 keliling hehe

    ReplyDelete
  29. Hallo mas indra... kebetulan sekali menemukan blog travellingnya.. Bisa minta tolong kontak jasa agen-nya mas. karena di bukan juni ini slotnya sudah penuh. Mohon bantuannya..
    alamat email saya galuh_wm@yahoo.com
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  30. mas bisa minta no telpon agennya nggak? email ke djagad@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Hallo Mas Indra, salam kenal.. Saya Astri..
    Apa saya juga bisa minta kontak agen yg bantu utk dapat slot? Krn urgent banget utk keberangkatan dlm 2 minggu lagi.. Terima kasih byk..

    *Mohon dikirim ke email: drg_astri@yahoo.com

    ReplyDelete
  32. hallo mas indra,kemarin saya ada apply jadwal iterview namun karena urusan kerjaan belom beres jadi saya ga bs dtg interview,
    nah kita kayanya juga mau pake jasa agent,mohon bantuannya ya mas untuk mengirimkan emailnya ke :susan.tan38@ymail.com

    Thanks

    ReplyDelete
  33. Halo Mas Indra, saya Mei...
    Bisa minta tolong kontak agen yang bisa bantu untuk dapet slot? Karena saya butuh mendadak, berangkat untuk 3minggu lagi. Alamat email saya may_lie85@yahoo.com. Thanks ya...

    ReplyDelete
  34. mas saya juga butuh bantuan agen visa belanda, mepet banget, tolong bantuannya mas.
    email saya hamvee.dlowi@gmail.com

    ReplyDelete