Saturday, November 2, 2013

Lihat Bunga Tulip di Keukenhof Belanda

Tentang Belanda lagi yaa... Dikit aja tapi. Kalo berkunjung ke negeri kincir angin ini pada pertengahan bulan Maret sampe Mei, kita bisa sekalian lihat bunga tulip. Bunga ini juga menjadi sesuatu yang khas Belanda banget meskipun aslinya bukan dari negara ini. Pada bulan-bulan tersebut, bunga tulip yang lagi mekar, bakalan banyak kita jumpai di taman-taman kota. Nah, kalo kepengen ngeliat bunga tulip yang jumlahnya sangat banyak, kita bisa dateng ke Keukenhof yang terletak di Kota Lisse, nggak jauh dari Amsterdam.

Saya waktu itu dateng ke Keukenhof sekitar akhir Bulan Maret. Untuk menuju ke Keukenhof, saya naik kereta dulu menuju Bandara Schipol. Keluar bangunan terminal, saya langsung menuju halte yang terletak di seberang. Tapi saya nggak lihat bus tujuan Keukenhof. Setelah tanya sana sini, ternyata halte bus menuju Keukenhof itu terpisah dari halte bus-bus tujuan lain. Keluar bangunan terminal, saya musti belok kanan dan nyusurin bangunan terminal sampe ujung. Nah, di ujung itulah haltenya. Sebenernya di situ juga udah ada pintu masuk bangunan terminal. Jadi kalo posisi masih di dalem terminal, nggak perlu keluar dulu untuk mencapai halte ini.

Sampai di halte, saya langsung beli tiket di kios. Tiket yang saya beli jenisnya tiket combi. Maksudnya, tiket ini udah termasuk tiket bus pulang pergi dan tiket masuk Keukenhof. Pagi itu, antrean buat naik bus lumayan panjang. Saya harus menunggu hingga bus ketiga sampai dapet giliran naik bus. Karena antrean cukup panjang, pagi itu jadwal keberangkatan bus nggak pake interval. Pokoknya begitu ada bus datang, langsung deh diberangkatin lagi. Perjalanan menuju Keukenhof ini memakan waktu sekitar setengah jam.

Keukenhof


Sampe di Keukenhof, saya langsung masuk deh. Tapi saya agak sedikit kecewa. Emang sih tamannya luas, udaranya seger, rumputnya hijau kayak karpet, ada kolamnya, ada hewannya, ada kincir anginnya, dan juga bunga tulip. Nyaman banget jalan-jalan di sini. Tapi sayangnya, bunga tulipnya dikit banget yang udah mekar. Sebagian besar masih kuncup, bahkan belum keluar bunganya. Heuheuheu... Saya terlalu awal datengnya. Kata temen saya sih, baiknya dateng di pertengahan menjelang akhir festival. Soalnya bunga yang mekar udah lebih banyak. Tapi selain itu, kayaknya cuaca tahun 2013 ini agak aneh. Winter-nya lebih lama. Bahkan awal Maret masih ada salju. Dan akhir Maret, suhu masih 11-14 derajat Celcius. Jadi ya, bisa jadi karena faktor cuaca juga bunganya belum banyak mekar. Saya belum beruntung. Belum jodoh dengan hamparan bunga tulip.


Bagi yang kepengen mengunjungi Keukenhof tahun 2014 besok,  jadwalnya mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 18 Mei 2014. Info lengkapnya bisa dilihat disini.

Dan berikut foto-fotonya. Meskipun bunga tulipnya masih dikit, tetep aja tamannya masih bagus dan nggak bikin saya depresi berat karena nggak lihat hamparan bunga tulip. Hehehe... :)

Pemandangan Bandara Schipol dilihat dari bus.

Pintu masuk Keukenhof



What?!!! Mana tulipnyaa??!!!

Kolam dan air mancur di Keukenhof

Kalo waktunya tepat, dataran ini dipenuhi bunga tulip yang mekar.


Entah hewan apa namanya. Mirip domba tapi lebih besar.

Hewan yang sakit langsung dapet penanganan.

Lumayaann... Ada Bunga Tulip yang udah mekar.

Ada juga yang udah mekar sempurna meskipun dikit. Lumayan lah bisa buat foto2.

Ada kincir angin di Keukenhof

Kita bisa naik perahu ini keliling kanal yang membelah hamparan bunga tulip

Japanese Garden

Daun di pepohonan juga belum tumbuh. Rumputnya kayak karpet. Cakep!

The Canal. Gimanapun, pemandangan di Keukenhof tetep cantik banget.

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment