Wednesday, April 23, 2014

Tips Jalan-jalan Hemat



Backpacker dan traveler sejenis dilarang baca ini. Hehehe... Beberapa teman masih tidak percaya, “Kok bisa sih sering berpergian ke luar negeri?”. Biasanya saya menjawab diplomatis, “Jaman sekarang, nggak harus punya banyak duit buat jalan-jalan ke luar negeri”. Selanjutnya saya menerangkan kalo saya berdomisili di Pulau Batam dimana perjalanan ke Singapore dan Malaysia jauuuuhhh lebih murah daripada perjalanan pulang kampung ke tanah Jawa. Nah, kedua negara ini merupakan homebase dua maskapai yang sering ngasih tiket super murah, Tiger Airways dan Air Asia. Maskapai-maskapai berjenis Low Cost Carier inilah yang sudah sangat berjasa mewujudkan mimpi saya keliling dunia.

Di atas nanti pegangan yang kenceng, ya Bang!
 
Posting-an pendek kali ini berisi tentang jawaban-jawaban atas pertanyaan di atas. Ya bisa dibilang tips buat temen-temen yang kepengen jalan-jalan ke luar negeri. Tapi di sini saya nggak akan ngomongin tentang nasionalisme yah... Nanti bakalan panjang debatnya. Hehehe...



Cari Tiket Murah

Dalam setiap perjalanan, inilah pos pengeluaran terbesar. Tapi kalo kita rajin ngikutin milis-milis maskapai penerbangan, kita bisa dapet tiket yang murahnya nggak ketulungan. Dalam satu dekade terakhir ini juga makin menjamur maskapai yang menawarkan tarif murah, istilahnya maskapai Low Cost Carrier (LCC). Kalo di Asean sebut saja ada Air Asia, Tiger Airways, Jetstar, Cebu Pacific, dll. Di Eropa ada Ryanair, Easyjet, Vueling, Whizz Air, dll. Dan tentunya masih banyak lagi. Maskapai-maskapai tersebut kadang-kadang ngasih harga di luar batas kewajaran. Contohnya, saya pernah terbang dengan Mandala Air (Sekarang Tiger Mandala) dari Jakarta ke Hongkong pulang pergi seharga 300ribuan aja. Itu udah termasuk airport tax di Hongkong International Airport juga. Kemudian, saya juga berkali-kali terbang ke negara-negara Asean dengan maskapai-maskapai yang saya sebut di atas. Cara beli tiketnya juga gampang. Langsung aja buka webnya. Lalu gimana cara dapetin info tiket promonya? Selain ikutan milis maskapai, info promo maskapai juga bisa didapetin dari para expert pemburu tiket di milis/grup FB Backpacker Dunia. Entah gimana caranya, para suhu itu bisa cepet banget ngasih info kalo mau ada promo. Hahaha...

Jakarta-Hongkong 300ribuan (tanpa tanda bintang kecil)



Promo tiket pesawat nggak melulu didapet dari maskapai LCC loh... Maskapai full service juga kadang-kadang ngasih harga promo. Promo tergila yang pernah saya lihat, Jakarta-Oslo by Qatar Airways seharga 3,5 juta (akhir 2011), Singapore-Zurich by Swiss Air seharga 5 jutaan (awal 2013), dan Jakarta-New York by Cathay Pacific seharga 5 jutaan (akhir 2013). Saya sendiri paling murah baru pernah dapet tiket seharga 7 juta by Malaysia Airlines ke Amsterdam. Buat nyari harga termurah, saya biasa memanfaatkan situs www.skyscanner.co.id. Web tersebut akan mencarikan harga termurah untuk rute perjalanan yang kita inginkan. Selanjutnya, kita akan diarahkan ke web sumber untuk reservasi dan pembayaran.



Penginapan

Pos pengeluaran terbesar kedua biasanya adalah penginapan. Ini bisa kita akalin dengan menginap di hostel. Waktu masih single, saya memilih kamar dorm. Jadi dalam satu kamar, bisa terdiri dari banyak tempat tidur. Kita tidur bareng traveler lain. Tempat tidurnya biasanya jenis bunk bed atau tempat tidur tingkat. Harganya tentu jauuuhh lebih murah daripada hotel berbintang. Saya biasa pake www.hostelbookers.com untuk nyari hostel dan www.booking.com buat hotel murah. Kemudian, saya sering memanfaatkan perjalanan overnight, baik dengan bus ataupun kereta api. Terus kalo saya ada jadwal perjalanan yang kurang bagus (terlalu pagi atau terlalu malam), saya nggak segan-segan tidur di bandara/terminal/stasiun. Kadang-kadang juga saya numpang tidur di restoran 24 jam. Kalo yang terakhir, tentunya saya tetep harus ngeluarin sedikit uang buat beli sesuatu di restoran itu. Contohnya di McD, saya beli aja french fries ukuran kecil.

Kamar dorm 8 beds (Backpackers Villa Sonnenhof, Interlaken)
Cuman 18 Euro semalam (Kitsch Hostel, Lisbon)
Pura-pura tidur :p


Transportasi dalam kota

Ini juga jadi poin penting. Kalo kita kemana-mana naik taksi ya jelas aja mahal. Saya biasanya memanfaatkan transportasi umum seperti MRT/Metro, bus, tram, dll. Ya bukan berarti saya nggak pernah naik taksi. Biasanya saya naik taksi kalo,,,,,, ada yang nraktir. Hahaha...

Transportasi umum (Madrid Metro)




Makanan

Untungnya, saya bukan tipe pencicip makanan di restoran mahal. Kalo pas lagi hemat banget, contohnya di Eropa yang semua-muanya mahal, saya bisa makan sehari cuman dua kali. Sarapannya pagi menjelang siang dan biasanya dapet gratisan dari hostel, sementara makan siangnya, sore menjelang malam. Malam hari otomatis nggak makan. Tentang jenis makanannya, kadang-kadang saya cuman makan roti dan selai. Yang penting tetep makan. Soalnya kalo nggak makan, badan bisa drop dan acara jalan-jalan jadi terganggu.

Roti ini keras dan tanpa rasa




Sekian tips pendek dari saya. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi yang menguatkan niat temen-temen buat berani jalan mandiri ke luar negeri.

ARTIKEL TERKAIT:

6 comments:

  1. Halo mas. Sy berencana ke belanda desember nanti, apply schengen dr kedubes belanda. Mau keliling eropa 2bulan full. Status masih mahasiswa.

    Waktu masukin dokumen ke kedutaan apakah harus menyertakan surat sponsor? Kemudian tabungan saya bukan tabungan aliran gaji mengingat saya blm kerja.
    Dana di rekening 60jt dgn transferan bertahap 3bulan dr ortu. Hehe

    Apakah dana itu cukup dan diperbolehkan pakai rekening non gaji?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mahasiswa, bisa pake surat keterangan mahasiswa dari pihak rektorat Mas. Tentang dana, yang penting jumlahnya stabil. Saya pernah cuman ada dana 13 juta di tabungan dan Alhamdulillah lolos. Tapi saat itu, tiket pesawat udah saya issued.

      Kalo kepengen lebih kuat lagi, bisa pake sponsor orang tua. Jadi orang tua bisa membuat surat guarantee bahwa perjalanan anaknya, Beliau yang tanggung. Juga disertai slip gaji dan rekening orang tua. Pasti bakalan lebih kuat lagi tuh Mas.

      Intinya pihak kedutaan butuh jaminan/kepastian bahwa applicant pasti kembali ke Indonesia.

      Delete
  2. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya Mbak Putri :)

      Delete
  3. berkunjung do sore yang cerah, salam persahabatan ^_^

    ReplyDelete