Friday, May 9, 2014

New Sepinggan Airport Balikpapan


Pada Bulan Maret lalu, Indonesia kembali memiliki sebuah bandara baru dengan konsep futuristik. New Sepinggan Airport (Kode IATA:BPN). Bandara yang terletak di Balikpapan dan jadi gerbang utama kawasan Kalimantan Timur dan sekitarnya ini memang baru saja diresmikan pada 22 Maret 2014 lalu. Yuk, kita lihat fasilitasnya!


Bangunan Terminal terkoneksi dengan Mall

Bangunan terminal bandara ini memiliki empat lantai dengan desain futuristik dan berdinding kaca. Lantai Ground dan Mezzanine digunakan sebagai area kedatangan. Kemudian lantai 1 digunakan sebagai area keberangkatan, termasuk area check in dan ruang tunggu. Sementara lantai 2 digunakan untuk restoran dan executive lounge. Dari keempat lantai itu, selain lantai 2, semuanya terkoneksi dengan mall. Yupz, Bandara ini jadi bandara pertama di Indonesia yang memiliki mall di dalamnya. Dari segi kapasitas, bangunan terminal Bandara New Sepinggan memiliki kapasitas hingga 10 juta penumpang per tahun. Tapi saat ini mallnya belum beroperasi dan masih mengalami renovasi minor.


Sepinggan Airport Departure Hall



Nantinya ada mall di bandara ini

Check in Area

Nah, urusan check in bandara ini bisa dibilang udah setara dengan bandara-bandara internasional di luar negeri. Penumpang datang ke bandara, bisa langsung memasuki area check in tanpa harus melalui antrean mengerikan untuk pengecekan tiket pesawat dan x-ray di pintu masuk. Tiket pesawat cuman dicek pada saat penumpang mau memasuki antrean untuk check in. Daerah ini emang steril khusus penumpang yang akan check in.

Bagian depan Departure Hall
Bagian depan Departure Hall
 
Area check in terbagi menjadi empat area, yakni “A”, “B”, “C” dan “D”. Area “A” memiliki 16 kounter dan sebagian besar diperuntukkan khusus untuk penerbangan internasional. Saat ini, penerbangan internasional yang dilayani oleh Bandara New Sepinggan baru ada tiga, yakni Garuda Indonesia dan Silk Air ke Singapura, serta Air Asia ke Kuala lumpur. Selain ketiga penerbangan internasional tersebut, area “A” juga dipergunakan untuk check in maskapai Citilink. Selanjutnya area “B” yang memilik 20 kounter digunakan untuk check in penerbangan domestik maskapai Garuda Indonesia. Area “C” yang juga memiliki 20 kounter digunakan untuk check in maskapai Lion Air, Batik Air, dan Wings Air. Yups, semuanya tergabung dalam Lion Group. Dan area “D” yang memiliki 16 kounter melayani check in maskapai Sriwijaya Air, Kalstar Aviation, Aviastar, Trigana Air, Air Born, dan General Aviation. Kalo kita masuk dari luar, area “A” dan “B” ada di sebelah kiri  kita, sementara area “C” dan “D” di sebelah kanan. Tepat di tengah, ada monitor besar yang menampilkan informasi penerbangan.

Check in Counter
Area check in yang luas (Foto diambil dari lounge)
Monitor Informasi Penerbangan


Baggage Handling System

Bandara New Sepinggan saat ini jadi salah satu dari sedikit bandara di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas baggage handling system. Dengan adanya fasilitas ini, proses handling terhadap bagasi akan lebih cepat karena penyortiran bagasi telah dilakukan oleh sistem.

Dilengkapi juga dengan Baggage Handling System


Ruang Tunggu

Setelah check in, penumpang bisa langsung menuju ruang tunggu. Seperti biasa, area ini jelas harus steril khusus untuk penumpang dan pemegang pas bandara. Sebelum memasuki ruang tunggu, petugas akan megecek boarding pass, selanjutnya barang bawaan kita akan diperiksa melalui mesin x-ray. Dan sampailah kita di ruang tunggu yang luas banget tanpa sekat. Dari sini kita bisa melihat aktivitas pesawat pada saat take off, landing, taxi, push back, dan aktivitas lainnya karena ruang tunggu ini berdinding kaca. Fasilitas ruang tunggu yang mungkin belum ada di sebagian besar bandara di Indonesia adalah adanya stroller untuk balita, soket untuk nge-charge gadget, dan tempat bermain anak-anak. Dari ruang tunggu yang terletak di lantai 1 Bandara New Sepinggan ini, kita bisa mengakses eskalator menuju lantai 2. Nantinya lantai ini akan diisi restoran dan lounge. Tapi saat ini, yang udah beroperasi baru Executive Lounge Garuda Indonesia aja. Begitu tiba waktu boarding, penumpang akan turun satu lantai sebelum masuk garbarata karena posisi garbarata ini ada di lantai kedatangan. Totalnya, bandara ini memiliki 11 garbarata.

Pemandangan lepas ke apron dan runway dari ruang tunggu
Tersedia stroller untuk balita di Ruang Tunggu
HP lowbatt? Tenang! Bisa nge-charge di sini
Ada meja kecil buat tempat bermain anak-anak

Tersedia 11 garbarata di bandara ini

Garuda Indonesia Executive Lounge
Ini bangunan terminal lamanya

Sekian dulu reportase saya. Info bandara lainnya
Bandara Kuala Namu Medan
"Bandara Juanda Surabaya"

ARTIKEL TERKAIT:

18 comments:

  1. Wah, sepertinya fasilitasnya lengkap, ya. Apalagi ada mall, pasti aku betah, hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, dapet kunjungan dari blogger dan penulis novel terkenal. Hehehe... Terima kasih udah berkenan mampir. Fasilitasnya lumayan lengkap dan membanggakan. Tapi efeknya, airport tax-nya melonjak tinggi jadi 75 ribu :D

      Delete
  2. astaga Indra, sudah pakai dot.com, luar biasa :)

    *tiarap*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Setelah melalui pertarungan batin, akhirnya diriku memilih untuk mengambil jalan ini. Risikonya, harus kerja keras ngedatengin traffic lagi. Karena setiap ng-update blog, nggak nongol lagi di sidebar temen-temen blogger.

      Delete
    2. Hahahaha tenang, aku selalu rutin menengok blog ini kok, isinya informatif dan menghibur :)

      Delete
  3. Bandaranya bagus. Punya Juanda Surabaya kalah. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terminal barunya Juanda katanya bagus juga ya? Saya terakhir lewat sana masih di terminal lama sih... Dan emang udah penuh banget.

      Delete
  4. Tahun 2007 saya berkunjung ke Balikpapan tapi tidak sempat melihat bandara tersebut secara langsung tapi secara sepintas saya lihat benar-benar luar biasa. Selain itu, saya akui kota Balikpapan memang mengagumkan khususnya kebersihan kotanya. Menurut saya kalau semua kota di Indonesia seperti Balikpapan ini pasti Indonesia akan maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun bisa dibilang belum mengunjungi Balikpapan karena hanya transit dan keluar sebentar menyusuri jalan utama. Sekilas memang kotanya tampak bersih dan teratur. Hanya sayangnya sudah mulai agak macet karena pertumbuhan jumlah kendaraan yang nggak sebanding dengan penambahan luas jalan :)

      Delete
  5. Thanks om dah kasi reportase buat bndara di kmpung hlmanku, scra ga lngsung dh bntu promoin jg hehe, mudik tahun ini gg sabar pgn ngerasain tiba di "gerbang" barunya Kaltim nh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas saya ke sana, baru resmi beroperasi sekitar 5minggu. Masih bau cat. Sempet lihat juga pesawat wide body Airbus A330-nya Garuda ada di sana. Ternyata tiap hari emang ada flight yang pake A330. Mantap dah Bandara Sepinggan. Mudah2an semakin banyak bandara modern di Indonesia.

      Delete
    2. Untuk A330 nya GA mmg sudah beroperasi rutin sehari 2x saat ini mas dibndara ini dg tujuan CGK, bhkan akhir tahun 2015 ini sdh ada flight umroh lngsung ke jeddah dr bndara ini

      Delete
    3. Betul Mas, baru2 ini GA nambah frekuensi A330-nya jadi dua kali sehari. Kalo flight umroh, perlu technical stop di Kuala Namu karena pesawat yang digunakan Airbus A330-300. Kapasitas bahan bakarnya tidak cukup untuk direct flight BPN-JED :D

      Delete
  6. Diruang tunggu gk ada smooking roomnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, masak iya sih Mas di bandara segede ini nggak ada smooking roomnya?

      Delete
  7. Smooking area om namanya, letaknya berada diluar gate departure, diselasar nya, disana adz corner khusus bt smooker... dinamakan smoking zone atau apalh gtu, lupa hehe

    ReplyDelete