Tuesday, September 9, 2014

Singgah di Kota Delft



Ingin tahu cara hemat mengunjungi beberapa kota dalam sehari di Belanda? Beli saja tiket pergi pulang ke kota yang agak jauh. Jika membeli tiket return kereta antar kota di Belanda, kita bisa singgah sejenak di kota-kota yang dilalui kereta. Contohnya untuk rute Amsterdam Centraal-Rotterdam Centraal, kereta akan melalui Leiden, Den Haag, dan Delft. Saya memperoleh informasi ini setelah berkonsultasi dengan petugas NS (operator kereta antar kota di Belanda). Pada saat itu saya ingin mengunjungi Kota Maastricht yang berada di bagian selatan Belanda. Tapi ternyata tiketnya cukup mahal, yakni sekitar 49 Euro untuk perjalanan pergi pulang. Ya wajar saja karena perjalanan menuju Maastricht memakan waktu sekitar 2,5 jam. Jadi saya disarankan untuk mengunjungi Rotterdam saja yang lebih dekat. Waktu perjalanan kereta menuju kota ini hanya satu jam lebih sepuluh menit saja. Dan bisa singgah juga di kota-kota yang dilalui. Harga tiket return pun hanya 29 Euro.

Posting-an kali ini tentang perjalanan saya singgah di Kota Delft. Kota ini terletak tak jauh dari Rotterdam. Dengan kereta, Delft dapat ditempuh dalam 13 menit saja. Sementara dari Amsterdam Centraal memakan waktu hampir 1 jam. Berhubung hanya singgah sebentar saja di kota ini,  saya hanya akan mengunjungi tempat-tempat yang menjadi ikon kota Delft, yakni Oude Kerk (Old Church) dan Nieuwe Kerk (New Church).
Oude Kerk


Saya tiba di Stasiun Delft setelah sebelumnya mengunjungi Rotterdam. Kondisi stasiun kereta saat itu agak berantakan karena sedang ada pembangunan terowongan kereta baru. Di depan stasiun, terdapat jalur tram yang menghubungkan kota ini dengan Den Haag dan kota pesisir Scheveningen. Untuk menuju centrum, dibutuhkan waktu sekitar 15-30 menit dengan berjalan kaki. Jangan khawatir kalau nggak ada peta karena tata kota Delft mudah dipelajari. Dari stasiun, kita keluar menuju tempat dimana jalur tram berada. Kemudian seberangi dan susuri jalan tersebut ke arah kiri hingga bertemu dengan jalan sempit di kanan jalan. Lalui jalan tersebut hingga bertemu dengan sebuah kanal. Inilah tempat pertama yang saya kunjungi.

Tram di depan Stasiun Delft

Delft merupakan salah satu kota di Belanda yang dilalui oleh kanal. Dan kanal yang satu ini merupakan kanal tertua sehingga disebut juga The Old Delft (de Oude Delft). Kanal ini juga merupakan salah satu ikon Kota Delft. Jika kita mencari di google dengan kata kunci “Delft”, salah satunya akan muncul gambar kanal dengan sebuah menara di kejauhan. Menara itu adalah bagian dari bangunan Oude Kerk (Old Church) yang juga merupakan gereja tertua di Delft karena dibangun tahun 1246.

de Oude Delft

Selanjutnya, terletak sejajar dengan The Old Delft, terdapat kanal lagi yang lebarnya tak jauh berbeda. Tempat ini bernama Koornmarkt. Di sini kita bisa menaiki kapal boat menyusuri kanal. Setelah menyeberangi kanal, saya berbelok ke kiri dan menyusuri jalanan di sisi kanal ini hingga bertemu dengan sebuah plaza yang cukup luas, Markt Square. Di sinilah tujuan utama saya di kota Delft.

Delft Boat Tour

Siang itu, plaza dipenuhi oleh pasar. Sayang sekali, saya jadi tidak bisa leluasa memotret bangunan Nieuwe Kerk yang memang terletak di salah satu sisi plaza. “Markt” dalam Bahasa Belanda memang berarti “pasar” dalam Bahasa Indonesia. Nieuwe Kerk jika diartikan secara harafiah adalah gereja baru. Namun sebenarnya gereja ini usianya sudah cukup tua karena dibangun pada tahun 1496. Bagian paling menarik dari gereja ini adalah keberadaan menara yang menjulang setinggi 108 meter. Dengan 3 Euro, kita bisa menaiki menara ini dan melihat pemandangan kota Delft dan sekitarnya.

Nieuwe Kerk
City Hall di Markt Square

Di Markt Square juga terdapat banyak toko souvenir. Dan salah satu souvenir khas kota ini adalah pajangan keramik berwana biru putih. Jika ada kesempatan, kita bisa juga mengunjungi tempat pembuatan keramik tersebut. Usai sudah kunjungan saya di Kota Delft yang memang tidak sebesar dan seramai Rotterdam. Namun jika sudah berada di Rotterdam, kota ini teramat sayang untuk dilewatkan.


Toko Souvenir di Markt Square
Keramik biru putih 


ARTIKEL TERKAIT:

14 comments:

  1. Nieuwe Kerk ini sepertinya jadi semacam icon kota ya, kok temen2ku banyak yang foto2 dg latar belakang menara itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu Mas. Kalo googling Delft juga kebanyakan yang nongol Nieuwe atay Oude Kerk. Tapi ane paling suka yang foto kanal di kejauhan ada Oude Kerk itu Mas :D

      Delete
  2. Wah best ke belanda.. Tak takut ke depa parking kete hampir sangat dengan sungai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mereka sudah terbiasa. Posisi driver juga di sebelah kiri yang dekat dengan had sungai. Jadi lebih mudah untuk parking :D

      Delete
  3. Rata-rata semua kota di sana nampak bersih dan cantik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas. Saya sudah ke beberapa kota di Belanda tapi belum menemukan kota yang kurang bersih :)

      Delete
  4. Selalu saje ke Kota belanda...wah best...ada urusan bisnes di sana.

    ReplyDelete
  5. View d delft sgt menarik dan suka lihat canal yg bersih tanpa sampah sarap tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Air sungainya walau tak sejernih di Swiss, tapi tak ada sampah :)

      Delete
  6. Bestnya :) Cantik permandangannya..

    ReplyDelete
  7. Mas Indra , cukupkah 2 hari saja di Belanda , 1 hari ke Amsterdam/Den Haag/Delft/Rotterdan , sisa 1 harinya ke Volendam & Zaanse Schans ? Thanks , Nunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya cukup2 aja sih Mbak. Dengan catatan itinerary-nya serba fleksibel dan tidak terlalu berambisi mengunjungi semua tempat menarik di setiap kota. Terutama untuk yang hari pertama. Kalo hari kedua masih cukup longgar waktunya :D

      Delete