Friday, December 19, 2014

Berapa Biaya Perjalanan ke Eropa?

Setelah sebelumnya saya menulis tentang itinerary ke Eropa, kali ini saya ingin menjawab pertanyaan yang sering sekali diajukan kepada saya. Berapa biaya perjalanan ke Eropa? Mari kita bedah satu per satu.

Tiket Pesawat
Inilah pos pengeluaran terbesar dari perjalanan ke Eropa. Dan jadi lebih besar lagi karena kurs Rupiah saat ini sedang lemah. Harga tiket pesawat ke Eropa rata-rata sekitar USD800 s.d 1.200 atau antara Rp 10juta s.d 14juta. Namun bukan berarti tidak pernah lebih murah dari itu. Kalau tiket dari Jakarta mahal, coba cari tiket dari Singapura ataupun Kuala Lumpur. Ini karena tiket menuju kedua kota tersebut dari beberapa kota di Indonesia relatif murah dan dari kedua kota tersebut relatif sering ada tiket promo ke Eropa. Saya sendiri pernah memperoleh tiket seharga SGD900-1.000 untuk penerbangan dari Singapura. Jadi kesimpulannya, rajin-rajinlah mencari alternatif kota keberangkatan. Jangan hanya terpaku dengan Jakarta saja.

Dimana mencarinya? Untuk mempermudah, bisa menggunakan situs pencarian seperti www.skyscanner.co.id dan sejenisnya. Situs tersebut akan membantu mengkompilasikan situs-situs maskapai dan agen perjalanan sehingga memudahkan kita. Jika sudah ketemu tarif, rute dan jadwal yang cocok, kita akan diarahkan menuju masing-masing situs maskapai atau agen perjalanan yang dipilih. Namun terkadang harga yang tertera di situs ini belum ter-update.

Biaya Terbesar: Tiket Pesawat ke Eropa


Penginapan
Tarif penginapan hemat di Eropa berkisar antara EUR 20-40 per orang. Ini berlaku untuk kamar dorm di hostel maupun kamar privat. Kalau di kamar privat ya berarti dikalikan dua karena satu kamar bisa untuk dua orang. Jadi sebenarnya kamar privat maupun dorm itu tarifnya sama saja. Untuk mencari penginapan, selama ini saya mengandalkan www.hostelbookers.com dan www.booking.com meskipun masih banyak lagi situs pemesanan kamar lainnya. Yang perlu diingat saat mencari penginapan, jangan lupa memperhatikan review-nya. Lebih spesifik lagi, perhatikan nilai skor dan jumlah respondennya. Skor bagus tapi responden sedikit belum tentu menggambarkan keadaan sebenarnya. Selain itu, perhatikan pula lokasinya. Tarif murah tapi jauh dari pusat atraksi akan menambah pengeluaran transportasi. Dan terakhir, sebisa mungkin mencari penginapan yang menawarkan fasilitas sarapan gratis.
 
Kamar dorm
Makan
Untuk makanan lengkap sih berkisar antara EUR10-20 sekali makan. Tapi saya tidak pernah makan semahal itu. Biasanya saya hanya makan roti dengan berbagai topping atau isi. Pernah juga masak jika tersedia fasilitas dapur di penginapan. Sementara untuk sarapan di penginapan, menu standarnya adalah roti dan sereal.

Transportasi di Eropa
Untuk transportasi dalam kota, tarif metro/tram sekitar EUR1-2. Tapi berita baiknya, banyak kota di Eropa yang pusat atraksinya dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Sebut saja Amsterdam, Brussels, Roma, Istanbul, Porto, Lisbon, Madrid, dan Barcelona.

Sementara untuk transportasi antar kota/negara, tersedia bus, kereta, dan maskapai low cost yang tarifnya cukup terjangkau.

Biaya Lainnya
Salah satunya adalah biaya masuk pusat atraksi. Memang banyak yang mengenakan tarif masuk meskipun yang gratis juga tak kalah banyak. Kita bisa memilih atraksi yang menjadi prioritas saja. Selain itu, perlu juga menyediakan cadangan dana untuk pengeluaran tidak terduga seperti ketinggalan pesawat.

Total Biaya
Berdasarkan pengalaman saya, lebih kurang sekitar Rp20juta untuk perjalanan selama 3minggu. Rinciannya, tiket pesawat menuju Eropa sekitar Rp8juta, tiket transportasi antar kota/negara sekitar Rp5juta, dan uang cash yang saya habiskan sekitar Rp7juta atau EUR500. Uang tersebut terpakai untuk membayar biaya penginapan, tiket masuk atraksi, makan dan souvenir.

Mahal? Tergantung dari sudut pandang mana kita melihat. Jika dibandingkan dengan traveling di dalam negeri atau negara-negara di Asia tentu saja mahal. Tapi jika dibandingkan dengan harga paket tur yang ditawarkan agen perjalanan, tentu saja tergolong murah.

Tips Merealisasikan Perjalanan ke Eropa
Bagi saya pribadi, biaya perjalanan ke Eropa tergolong mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan penghasilan saya. Lalu bagaimana saya bisa pergi ke Eropa? Gini ceritanya,,,,

Pertama. Kira-kira 3-6 bulan sebelum berangkat, saya nekat beli dulu tiket pesawat promo ke Eropa. Ini sangat berisiko terutama karena WNI perlu apply visa yang ada kemungkinan ditolak. Sementara tiket promo yang sudah telanjur dibeli biasanya unrefundable.  Tapi kalau tiketnya kelewat murah (untuk ukuran ke Eropa), saya nggak pake lama mikirnya. Hajaarrr!!! Sementara untuk pembayarannya, saya pernah memanfaatkan fasilitas cicilan kartu kredit, pernah juga tidak membayar penuh selama 2-3 bulan. Memang terkena charge, tapi masih bisa saya kontrol.

Kedua. Setelah tiket pesawat terbeli, mulai nyicil dikit-dikit beli tiket antar kota/negara. Tentunya sambil merancang itinerary dan memperhatikan tiket promo. Di Eropa ada maskapai Ryanair yang harga tiketnya sering tidak masuk akal. Sementara Easyjet dan Vueling sering menawarkan tarif cukup murah meskipun tidak sampai semurah Ryanair. Wizz Air juga sering menawarkan tarif sama murahnya dengan Ryanair. Tapi jaringan rutenya belum sebanyak Ryanair. Yang dimaksud nyicil itu maksudnya beli satu-satu. Jadi nggak sekaligus semua rute perjalanan dibeli tiketnya. Prosesnya sendiri bisa mencapai 3 bulan untuk pembelian seluruh tiket transportasi di Eropa.
 
Ryanair Sahabat Backpacker

Ketiga. Sejak nekat beli tiket pesawat, mulai rutin nabung untuk uang saku selama di Eropa.

Keempat. Tahan dulu hasrat traveling. Ya ini seperti pepatah “Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Bagi seorang travel addict, sebulan aja nggak traveling rasanya bagaikan setahun. Tapi demi suatu mimpi besar (Eropa), nggak papa deh sakit-sakit sebentar.

Sekian dulu tips merencanakan perjalanan ke Eropa. Ada yang mau nambahin?


Disclaimer: Tips di atas semata-mata berdasarkan pengalaman pribadi. Jujur saja, yang saya lakukan itu sangat berisiko Kalau perencanaan kurang matang, bisa-bisa malah bangkrut. Sebaiknya dilakukan anak muda atau yang belum berkeluarga. Hehehe... :D

ARTIKEL TERKAIT:

84 comments:

  1. Yang mahal tiket kapalterbang.. Yg lain murah kot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika bisa menaklukkan tiket pesawat, insyaAllah yang lain lebih ringan :)

      Delete
  2. kalo rupiah lg melemah gini gw ga napsu jalan2 ke LN hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mil. Gw juga setahun ini mainnya domestik. Ada hikmahnya juga rupiah melemah :D

      Delete
  3. setuju tuh Mas Indra, mahal dan murah memang tergantung. bisa dikatkan murah bisa dikatakan mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, tergantung dilihat dari sudut pandang nominal, atau pencapaian (realisasi) :D

      Delete
  4. duh, budget ke eropah sekitar 20jtan ya?! *BRB JUAL MOTOR*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis Mas. Kok tahu sih? Trip saya ke Eropa yang terakhir emang memaksa saya ngejual motor. Psstt... Jangan bilang siapa2 yah... Dan jangan ditiru :D

      Delete
  5. ya...menabung perlu jika mau terbang jauh

    ReplyDelete
  6. Keren mas, menjawab rasa penasaran saya selama ini. Tanya nih mas, tiket pesawat 8 juta itu baru menuju eropa atau udah tiket PP ya? Nuwun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Eropa, oneway sama return (promo) selisihnya nggak begitu jauh Mas. Itu saya 8 juta udah pp. Tarif segitu termasuk promo karena tarif standarnya sekitar 10-14juta.

      Delete
  7. Mas nabungnya berapa lama utk budget segitu?

    ReplyDelete
  8. Mas, aku rencana mau europe trip nih backpacker. Mau banyak nanya. Minta saran untuk penerbangan dan hotel nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb lusiana, salam kenal sebelumx. Kalo boleh tau europa tripnya bulan berapa? Kebetulan aku lg nyari temen biar bareng2 nyari tiket n buat visanya. Kalo mb lusiana nggak keberatan bisa add
      Line aku : ratderajab

      Delete
    2. Ikut gabung dong
      aku sama temen mau tgl 27 maret 2016
      ada yang mau gabung?

      Delete
    3. Mbk ikutan dong tp sy belum punya tiket dll nih

      Delete
    4. saya & suami rencana 30 april 2016...ada yg bisa barengkah?

      Delete
    5. Penerbangan tentunya cari yang murah Mbak. Tapi kalo kenyamanan jadi prioritas, saya prefer pilih maskapai timur tengah karena transitnya lebih kurang berada di tengah2 antara Indonesia dan Eropa. Contohnya Emirates, Etihad, sama Qatar Airways.

      Saya sendiri baru pernah naik maskapai Singapore, Malaysia, sama Belanda. Kurang nyaman karena terlalu lama di pesawat.

      Delete
    6. Kalo trip ke eropa keseluruhan habis berapa ?

      Delete
  9. boleh minta itenary lengkap ..spot2 wisata yang dijalanin gitu.. emailnya ke hilda.situmorang@ymail.com thc b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, kebetulan saya nggak buat itinerary secara detail Mbak Monic. Tapi kalo secara umum ada di postingan sebelumnya :)

      Delete
  10. Wihh keren wkwkwk
    Sama nekatnya nih kyk saya,dapet tiket 3 bulan lalu cuma 6.5jt rute kul-doh-cdg untk perjalanan october 2015
    Boleh minta tolong gak mass,aku masih bingung sama Itinerary
    Kalo boleh copy ke saya mas itinerary-nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana Mas udah kelar tripnya? Kebetulan saya nggak buat itinerary detail Mas. Kalo secara umum ada di postingan sebelumnya :)

      Delete
  11. jadi deg2an, minggu depan uda di belanda gue barengan sama rombongan backpacker dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap kali Bang foto2nya waktu di Swiss :D

      Delete
  12. Waaah seruu, saya rencana january 2016 mau ke europa barangkali ada yg mau gabung silakan contac achmadfauzisubagio@gmail.com

    ReplyDelete
  13. kalau kaya beli di nusatrip or traveloka PP skitar 10 jutaan, itu pas di bandara di eropa sana ngga addditonal biaya2 lain kan yah.kalau paket tur kan ada Pajak Bandara Internasional & Surcharges. bisa tolong info. thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nusatrip sudah all in sama airport tax kok Mbak sepanjang bandara keberangkatan udah memasukkannya ke dalam komponen tiket.

      Delete
  14. Di artikelnya kok ga di cantumin deposit ya ?
    Untuk deposit tabungannya apa bener harus punya 80 juta ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak doong.. Pengalaman saya apply visa turis pernah cuman punya tabungan 13juta plus tiket confirmed aja kok. Yang penting biaya hidup di sana plus hotel dan tiket pesawat.

      Delete
  15. iya, bagaimana yah tentang deposit tabungan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya intinya biaya hidup, plus hotel dan tiket pesawat, diendapin di rekening gaji selama minimal 3 bulan.

      Delete
  16. salam perkenalan...

    saya dari malaysia...16 feb 2016 ke amsterdam selama 2 bulan...liburan...hihihi

    minta tips utk backpackers...saya berdua dengan isteri

    email : izhar.iela@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Tau bs rame2 gini enak jg barengan ya,sy 22 maret 2016,2mg tp dgn travel agent.Ada ga yg mau ke jepang ya.Bagussaptono@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. stlh eropa 2 mggu next jepang ausie atau amrik.Klo ada yg barengan ok,klo ga ya travel agent lg hehehe

      Delete
    2. stlh eropa 2 mggu next jepang ausie atau amrik.Klo ada yg barengan ok,klo ga ya travel agent lg hehehe

      Delete
  18. Makasih infonya gan. anyway, saya baru dapat tiket Penang-Paris via Kuala Lumpur by Malaysia Airlines dan Qatar untuk November, 4.5jt saja return, tinggal nabung buat uang saku aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nemu di website mana itu tiketnya?

      Delete
  19. Sory mas,mau tanya,biaya keseluruhan untuk ke eropa itu minimal berapa juta rata ratanya?

    ReplyDelete
  20. mas mau tanya donk.. kalau untuk transport dari zurich k praha bagusnya naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya guide dan driver untuk eropa, dengan mercedes isi 7 orang anda bisa hired euro 550/hari.

      Delete
    2. saya guide dan driver untuk eropa, dengan mercedes isi 7 orang anda bisa hired euro 550/hari.

      Delete
    3. hello roger, can i have ypur number or email?

      Delete
  21. AYOO BERGABUNG SEKARANG JUGA SEBELUM KETINGGALAN DARI TEMAN-TEMAN GAMERS LAIN NYA

    SEKARANG INI TELAH HADIR GAMERS TERBARU BUAT PARA TEMAN-TEMAN

    GAMERS APAKAH YANG TELAH HADIR SEKARANG??

    GAMERS INDOMONOPOLY.COM LAH SATU-SATU NYA YANG TERBARU DAN TERPOPULER SAAT INI DIINDONESIA

    GAME INDOMONOPOLY.COM BISA DI MAIN KAN LEWAT HP ANDROID, IOS DAN TENTUNYA COMPUTER

    -DEPOSIT 20.000

    -WITHDRAW 50.000

    -REFERRAL 50% + ACCESSORIES 7HARI

    -CASHBACK 10%

    INDOMONOPOLY.COM TELAH DI SUPPORT OLEH BANK: BCA, MANDIRI, BNI & BRI

    UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI CUSTOMER SERVICE KAMI YANG RAMAH 24JAM BERSAMA ANDA

    website http://goo.gl/SjhVsd

    fans page facebook https://goo.gl/vHund8

    line official http://bit.ly/1PyPyKP

    BBM Pin : 5649B320

    Line : hermilyrostan

    http://idrmonopolyindo.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel supaya kita boleh memberikan syarat-syarat pinjaman dan syarat-syarat kami di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  23. Kalau teman-teman memerlukan kamar harian di Amsterdam dengan harga sewa yang terjangkau, silakan kunjungi: http://bit.ly/SewaKamar

    ReplyDelete
  24. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  25. Wah terimakasih banyak, artikelnya membantu sekali mas.. saya rencana insyaAllah brgkt ke Eropa brg suami bulan April 2017, kebetulan dapet tiket promo 6.5jt dr KL-Ams.. disana 15 hari.. butuh bgt itenary dn info tempat yg oke2 utk dikunjungi.. kebetulan bulan2 segitu pas lagi mekar bunga tulipnya..hehe.. kalau ada yg mau berbagi ya info itenary dan sewa kamar yg fasilitas oke dan harganya hangat meresap bgt,,hihii..
    Oia mas, 20 jt itu 3 minggu sendiri y? Jd kalau berdua 40jt an ya kurlebnya..

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Wah terimakasih banyak, artikelnya membantu sekali mas.. saya rencana insyaAllah brgkt ke Eropa brg suami bulan April 2017.. disana 15 hari.. butuh bgt itenary dn info tempat yg oke2 utk dikunjungi.. kebetulan bulan2 segitu pas lagi mekar bunga tulipnya..hehe.. kalau ada yg mau berbagi ya info itenary dan sewa kamar yg fasilitas oke dan harganya hangat meresap bgt,,hihii..
    Oia mas, 20 jt itu 3 minggu sendiri y? Jd kalau berdua 40jt an ya kurlebnya..

    ReplyDelete
  28. Wah terimakasih banyak, artikelnya membantu sekali mas.. saya rencana insyaAllah brgkt ke Eropa brg suami bulan April 2017.. disana 15 hari.. butuh bgt itenary dn info tempat yg oke2 utk dikunjungi.. kebetulan bulan2 segitu pas lagi mekar bunga tulipnya..hehe.. kalau ada yg mau berbagi ya info itenary dan sewa kamar yg fasilitas oke dan harganya hangat meresap bgt,,hihii..
    Oia mas, 20 jt itu 3 minggu sendiri y? Jd kalau berdua 40jt an ya kurlebnya..

    ReplyDelete
  29. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya arissetymin@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: ladymia383@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  30. Mungkin nama Tuhan dipuji
    saudara-saudara saya, tuan menjawab doa-doa saya juga akan menjawab Anda, bagi mereka yang mengatakan bahwa tidak ada perusahaan pinjaman yang sah di internet, semua pembohong. Saya ingin Anda tahu bahwa masih ada pemberi pinjaman kredit yang baik dan nyata, dan ada satu yang digunakan oleh Tuhan untuk menjawab doa-doa saya.

    Saya telah menjadi korban penipuan internet dan saya ditipu dari approximatly 83 juta sampai saya bertemu dengan seorang teman yang bercerita tentang salah satu pemberi pinjaman benar, pada awalnya saya meragukan dia karena pengalaman masa lalu saya, saya takut, tapi teman-teman saya mengatakan kepada saya untuk tidak takAut bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat membantu saya dalam masalah keuangan saya, saya mengambil keberanian untuk mencoba, kemudian saya diberitahu untuk membayar persetujuan kredit dan saya mengatakan kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada perusahaan dan teman-teman saya mendorong saya tidak takut, II mengikuti instruksi dan melakukan pembayaran, tapi yang terbesar mengejutkan saya setelah membayar biaya aku pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam.

    Hari ini adalah orang yang sangat bahagia karena Jennifer Brown Pinjaman Perusahaan membuat saya siapa saya, maka alasan untuk kesaksian ini. Ibu Jennifer Brown yang tepat dan pemberi pinjaman kredit terbaik di internet dan saya juga ingin memberitahu rekan saya saudara-saudara Indonesia untuk berhati-hati sehingga Anda tidak akan menjadi korban pinjaman perusahaan penipuan lebih.

    Catatan: jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman di internet hanya yakin saya dapat meyakinkan Anda kontak adalah Jennifer Brown dan aku memberikan jaminan penuh bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dari perusahaan melalui emailnya: jenniferbrownloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: sitiaryati075@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.
    Tuhan memberkati kalian semua

    ReplyDelete
  31. Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman dari Indonesia menjadi sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, CEO perusahaan pinjaman Emiliana wilson, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan tanpa jaminan jumlah pinjaman Rp450,000,000 (450.000.000 Indonesia Rupiah) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan dipindahkan langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga mendapat pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke perusahaan rekening bulanan.

    ReplyDelete
  32. halo
    Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! MARGARET PEDRO KREDIT PERUSAHAAN memberikan fasilitas pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami hari ini melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
    APLIKASI DATA
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang dan tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  33. !! KABAR BAIK DARI ISABEL JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN !!

    Sir / Madam,
    Isabel Johnson International Loan Solusi Perusahaan
    aman dan tidak aman pinjaman pribadi kepada pelanggan untuk
    tujuan apapun, untuk memulai bisnis baru, membayar pajak atau utang,
    mulai berkontraksi. pinjaman kami juga diasuransikan untuk maksimum
    keamanan dan itu adalah metode transfer online. 10,000.00
    USD 10.000.000,00 pinjaman untuk USD dengan tingkat bunga 2%,
    pinjaman dilunasi dalam jangka waktu 1 dan 35 tahun, pinjaman
    tersedia untuk setiap mengisi tujuan dalam formulir di bawah sebagai
    langkah pertama untuk memperoleh pinjaman dari kami.
    Tidak khawatir lagi karena kami berada di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah.
    Jika Anda memahami sebuah negara yang ramah untuk memfasilitasi ENGLISH
    komunikasi.
    Pinjaman Formulir Aplikasi:

    NAMA LENGKAP: _________________________________

    ALAMAT: ___________________________________

    COUNTRY: ___________________________________

    SEKS:__________________________________________

    USIA:__________________________________________

    KOTA:__________________________________________

    NEGARA:________________________________________

    KERJA: ________________________________________

    JUMLAH DIBUTUHKAN: ____________________________

    PINJAMAN TUJUAN: _______________________________

    PINJAMAN WAKTU PANJANG: ____________________________

    PENDAPATAN BULANAN: ___________________________

    PHONE: _______________________________________

    Informasi lebih lanjut tentang kami akan dikirim kepada Anda setelah kami
    menerima aplikasi pinjaman Anda.
    aplikasi pinjaman Anda sangat dihargai.
    Silahkan hubungi kami melalui E-mail:
    Isabelloancompany@gmail.com
    Isabel Johnson.

    ReplyDelete
  34. Kami adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
    bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
    masalah, jika Anda memiliki kekacauan finansial dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
    tagihan, memulai bisnis yang baik atau Anda merasa sulit
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via e - email
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

     "Jadi, jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu,
    Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

    Namamu: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negaramu: ____________________
    Tugas Anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: ______________
    Jangka waktu pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nomor handphone: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, berantakan, dan tantangan
    hubungi REBECCA WILLIAMS PINJAMAN PERUSAHAAN hari ini melalui e - mail:
    rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  36. Ibu Isabel Johnson,
    Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
    Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima terpercaya seperti yang saya akan senang untuk menawarkan pinjaman dari $ 10,000.00
    usd ke $ 50.000.000,00 pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui E-mail:
    isabelloancompany@gmail.com

    Layanan yang disediakan meliputi:

    * Perbaikan rumah
    * Pinjaman Inventor
    * Kredit Mobil
    * Hutang Konsolidasi Pinjaman
    * Line of Credit

    * Kedua Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International.

    Silakan menulis kembali jika Anda tertarik.
    Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!)
      Saya harap Anda mengizinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda.
    Anda dapat menghubungi saya melalui E-mail:
    isabelloancompany@gmail.com
    Salam
    Ibu Isabel.

    ReplyDelete
  37. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  38. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Adakah anda sedang mencari pinjaman perniagaan? pinjaman peribadi, pinjaman rumah, pinjaman kereta, pinjaman pelajar, pinjaman penyatuan hutang, pinjaman tanpa cagaran, modal teroka, dan lain-lain .. Atau adakah anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau institusi kewangan untuk apa-apa sebab. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman kepada perniagaan dan individu dalam kadar faedah yang rendah dan berpatutan kadar faedah 2%. jika Berminat? Hubungi kami hari ini di (eleazardiaz536@gmail.com) dan mendapat pinjaman anda hari ini
    Regards,
    Eleazar Diaz pasukan pelaburan

    ReplyDelete

  40. Halo,
    Hari baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya mrs Irene Angga, saya ingin berbagi kemenangan saya tentang cara ibu yang baik Mrs. Esabel membantu saya dan mengubah cerita kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, saya adalah seorang korban janji-janji palsu pemberi pinjaman dan aku kecewa. Saya telah kehilangan Rp20.000.000 ketika saya diterapkan untuk Rp450,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya akan hancur, dan dalam proses saya kehilangan salah satu daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Isabel, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan pinjaman dan saya mendapat jumlah yang tepat diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, yang membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada tingkat bunga 2%, hanya mendaftar melalui
    Ibu Isabel. via E-mail: Isabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya via E-mail: mrsireneangga@gmail.com untuk lebih jelasnya.

    ReplyDelete

  41. Halo,
    Hari baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya mrs Irene Angga, saya ingin berbagi kemenangan saya tentang cara ibu yang baik Mrs. Esabel membantu saya dan mengubah cerita kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, saya adalah seorang korban janji-janji palsu pemberi pinjaman dan aku kecewa. Saya telah kehilangan Rp20.000.000 ketika saya diterapkan untuk Rp450,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya akan hancur, dan dalam proses saya kehilangan salah satu daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Isabel, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan pinjaman dan saya mendapat jumlah yang tepat diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, yang membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada tingkat bunga 2%, hanya mendaftar melalui
    Ibu Isabel. via E-mail: Isabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya via E-mail: mrsireneangga@gmail.com untuk lebih jelasnya.

    ReplyDelete

  42. Halo,
    Hari baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya mrs Irene Angga, saya ingin berbagi kemenangan saya tentang cara ibu yang baik Mrs. Esabel membantu saya dan mengubah cerita kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, saya adalah seorang korban janji-janji palsu pemberi pinjaman dan aku kecewa. Saya telah kehilangan Rp20.000.000 ketika saya diterapkan untuk Rp450,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya akan hancur, dan dalam proses saya kehilangan salah satu daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Isabel, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan pinjaman dan saya mendapat jumlah yang tepat diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, yang membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada tingkat bunga 2%, hanya mendaftar melalui
    Ibu Isabel. via E-mail: Isabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya via E-mail: mrsireneangga@gmail.com untuk lebih jelasnya.

    ReplyDelete

  43. Halo,
    Hari baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya mrs Irene Angga, saya ingin berbagi kemenangan saya tentang cara ibu yang baik Mrs. Esabel membantu saya dan mengubah cerita kehidupan seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, saya adalah seorang korban janji-janji palsu pemberi pinjaman dan aku kecewa. Saya telah kehilangan Rp20.000.000 ketika saya diterapkan untuk Rp450,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya akan hancur, dan dalam proses saya kehilangan salah satu daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Isabel, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan pinjaman dan saya mendapat jumlah yang tepat diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, yang membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada tingkat bunga 2%, hanya mendaftar melalui
    Ibu Isabel. via E-mail: Isabelloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya via E-mail: mrsireneangga@gmail.com untuk lebih jelasnya.

    ReplyDelete
  44. Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
    Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
    Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
    * Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Mobil
    lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 800,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

    Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
     
    Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Pinjaman Tujuan:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  46. Halo, saya Mrs Maureen Martins, pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
    hubungi kami melalui email:
    (Maureenmartinsloanfirm@gmail.com)
    MAUREENMARTNSLOANIRM

    ReplyDelete
  47. Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
    Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
    Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
    * Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Mobil
    lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 8,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

    Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
     
    Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Pinjaman Tujuan:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete

  48. KABAR BAIK !!! BERITA BAIK !!! KABAR BAIK!!!
    Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang pinjaman berusaha untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
    chloemorrisloanfirm@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui:purtihamzah@gmail.com

    ReplyDelete
  49. Hello semua, saya fatma dari Indonesia menyeronokkan saya menasihatkan anda semua di sini tidak memohon pinjaman di mana-mana syarikat atau pemberi pinjaman di laman web ini, orang-orang di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, walaupun sebahagian daripada keterangan di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi sila berhati-hati untuk tidak jatuh yang tertipu atau menipu rakan-rakan Indonesia, saya menipu empat kali sekitar Rp200,000,000 juta untuk yuran pendaftaran, yuran perpindahan, kos cukai dan kos insurans, tetapi selepas pembayaran saya, saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tetapi mereka meminta saya membayar lagi dan sekali lagi,

     Ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa ada undang-undang kewangan atau kaedah-kaedah kos ini mendapat pinjaman dari bank-bank, peminjam atau syarikat tetapi Allah bersyukur kerana saya kemudian menerima pinjaman sebanyak $ 100,000 daripada syarikat yang seorang kawan saya yang memperkenalkan saya dengan sebenar dan syarikat pinjaman dipercayai, (theresaloancompany@gmail.com), mereka adalah syarikat yang terkemuka di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan menipu, jadi jika anda memerlukan kredit yang lebih baik pergi kepada syarikat-syarikat dalam

    (Theresaloancompany@gmail.com) atau jika anda mempunyai rakan-rakan dan memberitahu mereka untuk membantu anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, okay, anda boleh mendapatkan yang sangat mudah untuk mendapatkan serendah 2% daripada pinjaman tanpa cagaran atau penjamin. Ini adalah e-mel mereka

    (Theresaloancompany@gmail.com) Anda boleh menghubungi mereka dengan aplikasi anda adalah baik dengan mereka anda akan mendapat pinjaman anda dalam masa 24 jam, asli cepat dan saya terpaksa membantu penipuan negara saya, e-mel saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya atau (martinimarais1986@gmail.com) untuk maklumat lanjut, saya bersedia untuk membantu TUHAN memberkati engkau ambil perhatian all.please tiada yuran pendaftaran tiada yuran pemindahan, tiada bayaran cukai, tiada bayaran insurans) harta pemberi pinjaman atau syarikat tidak memungut caj ini .Allah memberkati kita yuran pemindahan, yuran tiada cukai, tiada bayaran insurans) sebenar Lender Syarikat atau tidak memungut caj penutup penyanyi,

    ReplyDelete
  50. hampir sama sih ke raja ampat papua hehe


    Jalan Jalan ke Dataran Tinggi Dieng yukk :
    Lihat di Paket Wisata Dieng

    ReplyDelete
  51. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  52. Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman dari 800 juta saya digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  53. Anda benar Herman, apa yang anda katakan adalah benar, saya juga mendapat pinjaman dari Organisasi Islam Pemberdayaan mereka benar-benar memberikan pinjaman asli. Mereka tidak seperti yang lain palsu pemberi pinjaman pinjaman di internet. Saya juga mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang saya lihat di internet dalam kehidupan saya . Seperti kata Herman adalah benar, orang-orang yang mencari pinjaman mendesak untuk menghubungi mereka melalui Email (islamicloanempowerment@gmail.com) dan anda akan senang anda lakukan. Sekali lagi, Herman terima kasih untuk berbagi informasi ini kepada orang-orang kami.

    ReplyDelete
  54. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  55. Herman saya percaya kata-kata anda, everythings anda katakan tentang organisasi ini disebut Islam Pinjaman Pemberdayaan adalah benar. Saya juga mendapat pinjaman dari mereka, mereka benar-benar memberikan pinjaman asli. Mereka tidak seperti yang lain palsu pemberi pinjaman pinjaman di internet. Saya juga mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu, saya benar-benar percaya mereka begitu banyak. Sebagai Herman mengatakan, siapa pun yang membutuhkan pinjaman mendesak dapat menghubungi mereka melalui Email (islamicloanempowerment@gmail.com) dan anda akan senang anda lakukan. Sekali lagi, Herman terima kasih untuk berbagi informasi ini kepada orang-orang kami di Indonesia.

    ReplyDelete
  56. Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang? Apakah Anda menemukan diri Anda dalam sedikit masalah dengan tagihan yang belum dibayar dan tidak tahu ke mana harus pergi atau kemana harus berpaling? Bagaimana dengan menemukan perusahaan Debt Consolidation yang memiliki reputasi baik yang dapat membantu Anda dalam mengurangi angsuran bulanan sehingga Anda memiliki pilihan pelunasan yang terjangkau serta ruang untuk bernafas saat sampai pada akhir bulan dan tagihan perlu dibayar?

    ** Apakah Anda terjepit secara finansial?
    ** Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang?
    ** Apakah Anda mencari keuangan untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?
    ** Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan?
    ** Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek besar?

    Kami menawarkan jenis pinjaman berikut

    * Pinjaman Konsolidasi Utang * Pinjaman Bisnis * Pinjaman Pribadi * Pinjaman Rumah Tangga * Keuangan Mobil * Pinjaman Komersial * Pinjaman Investasi * Konsolidasi Utang * Perencanaan Bisnis * Pengembangan Komersial Keuangan * Properti Hipotek * Pinjaman kredit buruk * pinjaman komersial * Pinjaman modal kerja awal * Pinjaman konstruksi * Kredit mobil, * Pinjaman hotel * Pinjaman siswa

    Kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2% dan jangka waktu pinjaman 1 sampai 30 tahun untuk melunasi pinjaman (aman dan tidak aman). Jangan menyimpan masalah keuangan Anda kepada diri sendiri agar Anda tidak menjadi master utang atau tekanan keuangan, karena itulah Anda harus segera menghubungi kami untuk mendapatkan solusi atas masalah keuangan Anda. Ini akan sangat menyenangkan bagi kita saat Anda stabil secara finansial.

    Email: michelledouglas899@gmail.com

    ReplyDelete
  57. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    ReplyDelete