Saturday, January 23, 2016

Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya

Bandara Juanda (Kode IATA:SUB) terletak di selatan Surabaya atau tepatnya di Kabupaten Sidoarjo. Bandara ini memiliki dua buah terminal, yakni Terminal 1 yang melayani penerbangan domestik selain Garuda Indonesia dan Air Asia, serta Terminal 2 yang melayani penerbangan domestik khusus kedua maskapai tersebut dan seluruh penerbangan internasional. Bandara Juanda juga merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta. Pada tahun 2013 lalu, pergerakan penumpang sudah mencapai 17 juta penumpang per tahun. Terminal 1 yang sebenarnya masih lumayan baru karena dibuka pada tahun 2006 sudah terlihat sangat overload. Kapasitas terminal yang terletak di sebelah utara runway ini hanya untuk 6 juta penumpang per tahun.

Pada tahun 2014 lalu, diresmikan Terminal 2 Bandara Juanda yang didirikan di bekas bangunan terminal lama (sebelum dibangun Terminal 1), yakni di selatan runway. Terminal 2 ini dibangun dengan konsep modern meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar, yakni hanya dapat menampung 6 juta penumpang per tahun. Bangunan terminal ini dibangun untuk sekadar mengurangi kepadatan Terminal 1. Sementara itu, pada tahun 2016 ini akan dimulai tahapan pembangunan Terminal 3 yang diharapkan dapat membuat kapasitas Bandara Juanda menjadi 75 juta penumpang per tahun.
Terminal 2 Bandara Juanda


Bangunan Terminal 2 Bandara Juanda terdiri dari dua lantai. Memasuki lantai dasar terminal 2, pengunjung akan langsung menjumpai area komersil. Di sisi kanan merupakan area kedatangan, sementara di sisi kiri merupakan area keberangkatan. Di area keberangkatan, tersedia puluhan kounter check in, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. Di sini tersedia pula premium check in lounge untuk pelanggan Garuda Indonesia pemegang Garuda Miles Platinum, Skyteam Elite (plus), atau penumpang kelas bisnis.
Area komersil
Terminal Keberangkatan
Check in Hall
GA Premium check in lounge

Di terminal ini terdapat 9 buah gates. Gate 1 – 6 untuk penerbangan domestik, sementara gate 7 – 9 untuk penerbangan internasional. Gate 1 terletak di lantai dasar, bersebelahan dengan area check in. Sementara gate sisanya terdapat di lantai dua. Untuk penerbangan domestik, tersedia 5 buah aviobridge, sedangkan untuk penerbangan internasional hanya terdapat 3 buah. Dengan demikian, secara total Terminal 2 Bandara Juanda memiliki 8 buah aviobridge.
Menuju ruang tunggu lantai 2
Ruang tunggu gate 2 - 6
Ruang tunggu gate 2 - 6
Terminal 1 jauh di seberang runway sana

Akhirnya, usai sudah sharing tentang beberapa bandara baru di Indonesia. Next time semoga bisa me-review Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.

Infor bandara lainnya
"Bandara Sultan Hasanuddin Makassar"

ARTIKEL TERKAIT:

1 comment: